Home / General / Inilah Alasan Penting Penggunaan VPN Yang Perlu Kamu Ketahui!
Inilah Alasan Penting Penggunaan VPN Yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah Alasan Penting Penggunaan VPN Yang Perlu Kamu Ketahui!

Inilah Alasan Penting Penggunaan VPN Yang Perlu Kamu Ketahui!

Pernahkah kamu mendengar istilah VPN sebelumnya? VPN (Virtual Private Network) atau jaringan pribadi virtual merupakan suatu layanan dimana layanan tersebut memungkinkan penggunanya untuk membuat koneksi yang aman dan juga pribadi dengan menggunakan perangkat ke jaringan internet.  VPN juga biasa dianggap sebagai layanan online yang mampu menyembunyikan jejak digital dengan cara menutupi alamat IP asli yang kamu miliki dan mengenkripsi lalu lintas internet yang kamu gunakan.

Perlu diketahui bahwa ketika kita menggunakan jaringan internet, tentunya kita juga harus memberikan perlindungan pada informasi online yang kita miliki. Bagi kamu yang masih kurang yakin mengenai pentingnya layanan VPN, berikut beberapa alasan pentingnya menggunakan VPN yang perlu kamu ketahui.

  1. VPN memungkinkan setiap penggunanya untuk membuka blokir dari konten yang ingin kamu liat

Alasan penting pertama dari penggunaan VPN yang perlu kamu ketahui, yaitu VPN memungkinkan setiap penggunanya untuk membuka blokir dari konten-konten yang ingin kamu liat.

Tak jarang terdapat serial TV baru yang ingin kamu tonton dan harus menggunakan platform streaming, tetapi platform streaming tersebut tidak tersedia di negara yang kamu tempati, seperti platform streaming Hulu, HBO GO, Sky Go, BBC iPlayer dan beberapa platform streaming lainnya yang tidak memberikan kebebasan kepada kamu untuk melakukan aktivitas streaming karena kamu berasal dari negara yang berbeda. Tetapi, tentunya mereka memiliki alasan penting mengapa mereka melakukan hal tersebut (peraturan hak cipta dan biaya lisensi).

Tetapi, untuk mengatasi hal tersebut maka kamu dapat menggunakan VPN. VPN dapat membantu kamu untuk menutupi lamat IP asli yang kamu miliki, dimana alamat IP tersebut didalamny terdapat data berupa alamat geografis kamu serta firewall mana yang digunakan untuk melakukan pembatasan.

Dengan menggunakan VPN, maka kamu dapat memilih untuk menentukan dari negara mana koneksi internet yang kamu gunakan berasal. Contohnya adalah kamu dapat memilih untuk menggunakan koneksi internet yang berasal dari AS sehingga koneksi internet yang ditampilkan pun juga akan berasal dari AS. Kondisi ini membuat kamu dapat mengakses seluruh konten yang telah dibatasi diblokir oleh tempat kerja dan sekolah ataupun dibatasi secara geografis.

  1. VPN membantu anda untuk melindungi data, lalu lintas serta privasi kamu.

Ketika menggunakan internet, maka kamu perlu mempertimbangkan  bahwa tak jarang terdapat beberapa penyedia layanan internet atau ISP yang mungkin saja menjual data penggunaan internet yang kamu miliki untuk menghasilkan uang dari kamu ketika kamu telah membayar mereka untuk layanan yang kamu gunakan. Hal ini dapat kamu lihat ketika terdapat iklan online yang selalu mengikuti kamu di berbagai macam situs web yang kamu buka. Tetapi, hal itu juga dapat terjadi apabila kamu telah membeli suatu barang atau produk secara online sehingga iklan-iklan yang relevan tersebut akan terus bermunculan dan mungkin saja membuat kamu merasa terganggu dengan kondisi tersebut. Perlu diketahui bahwa hal tersebut terjadi karena adanya pelacakan piksel yang ada pada situs web dan melacak pencarian yang kamu lakukan. Setelah itu, mereka akan menyesuaikan iklan sesuai dengan apa yang kamu cari dan secara terus menerus menampilkan iklan tersebut.

Berikut beberapa resiko yang mungkin saja terjadi apabila kamu online tanpa menggunakan VPN.

  • Kamu membiarkan ISP yang kamu miliki untuk menjual data penelusuran yang telah kamu lakukan ke pengiklan.
  • Memberikan keleluasaan kepada peretas untuk mengetahui komunikasi yang kamu lakukan ketika sedang online menggunakan WiFi publik.
  • Memberikan kemudahan terhadap setiap penjahat cyber, agensi pengawasan pemerintah dan juga ISP untuk mengetahui serta melihat apa saja yang kamu ketik pada sebuah situs web yang tidak memiliki enkripsi, file yang kamu donwloadserta halaman web yang kamu cari.

Tetapi, apabila kamu menggunakan VPN, maka kamu dapat menghindari hal-hal tersebut. Dengan menggunakan VPN, maka VPN tersebut akan mengenkripsi koneksi yang kamu gunakan dengan menggunakan teknologi enkripsim seperti Secure Sockets Layer (SSL), keamanan IP (IPSec), Transport Layer Security (TLS) dan lain sebagainya.

  1. VPN memberikan penawaran pengalaman bermain game yang menarik dan lebih baik

Tentu kita sudah mengetahui bahwa saat ini telah banyak tersedia berbagai macam game online yang tentunya menarik untuk dimainkan. Tetapi, tak jarang terdapat beberapa game yang tidak dapat dimainkan dengan alasan larangan IP ataupun blok geo yang membuat kamu tidak dapat bermain di wilayah yang sama dengan teman kamu.

Dengan menggunakan VPN, maka hal-hal tersebut dapat dihindari. VPN akan membantu kamu untuk menyembunyikan alamat IP yang kamu miliki serta mengenkripsi lalu linta kamu dan memastikan bahwa kamu dapat menghindari larangan IP dari admin, mencegah terjadinya pelambatan bandwidth ketika sedang bermain game sehingga membuat kamu dapat bermain game online di wilayah mana pun dan dimana pun kamu berada.

Itulah tadi beberapa alasan penting dari penggunaan VPN yang perlu kamu ketahui. Manfaatkan fasilitas tersebut dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Semoga bermanfaat!

Check Also

7 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik Yang Wajib Kamu Coba

7 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik Yang Wajib Kamu Coba!

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan sosial media Instagram yang saat ini sudah banyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *