Home / SEO / Hati-hati! Inilah 9 Kesalahan SEO di WordPress yang Wajib Kamu Hindari!
Hati hati Inilah 9 Kesalahan SEO di WordPress yang Wajib Kamu Hindari

Hati-hati! Inilah 9 Kesalahan SEO di WordPress yang Wajib Kamu Hindari!

Tentu kita mengetahui bahwa SEO menjadi hal yang sangat penting dalam membangun sebuah situs web. Dengan membuat artikel SEO friendly serta mengoptimalkan SEO pda situs, maka akan membuat blog memiliki banyak pengunjung dari mesin pencari yang dilakukan secara organik. Tetapi, terdapat beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pengguna pemula WordPress.

Bagi kamu yang masih menjadi pemula dalam menggunakan WordPress, berikut ini beberapa kesalahan SEO di WordPress yang wajib kamu hindari. Hal ini dilakukan agar situs kamu tidak sepi dari kunjungan para pengunjung.

  1. Kurangnya Backlink Berkualitas

Penting untuk diketahui bahwa mendapatkan Backlink berkualitas merupakan salah satu hal yang sangat penting. Hal ini karena, berkualitasnya blacklink pada situs kamu dapat digunakan oleh mesin pencari untuk menilai mengenai seberapa popularitas situs yang kamu miliki dimata mesin pencari. Tetapi, terdapat beberapa blogger yang menggunakan cara seperti membeli blacklink di peternak blacklink ataupun situs yang sudah disiapkan yang memiliki tujuan untuk menjual link. Blacklink ini biasanya mmepunyai kualitas yang kurang bagus dan dapat memberikan kesan yang sama mengenai situs kamu ke mesin pencari.

Selain itu, di sisi lainnya juga terdapat beberapa blacklink lain dari situs otoritatif yang penting serta layak untuk berada di situs kamu. Selain itu, terdapat hal yang perlu diperhatikan juga, yaitu melihat berapat DA dan PA yang ada dari situs tersebut sebelum menaruhnya blacklink.

  1. Tidak Mengoptimalkan On Page SEO

Apabila kamu tidak mengatur halaman kamu ataupun memposting artikel kamu dengan menggunakan kata kunci tertentu sehingga artikel kamu bisa ditemukan oleh pencari, maka hal tersebut dapat menjadi kesalahan besar. Menurut beberapa orang, hal tersebut merupakan salah satu faktor utama yang dapat berpengaruh untuk meningkatkan situs atau artikel kamu pada persaingan yang ada di hasil mesin pencari. Apabila kamu melakukan kesalahan pada bagian ini, maka terdapat kemungkinkan bahawa pekerjaan kamu akan terasa sia-sia. Hal ini karena artikel kamu tidak memperoleh tempat yang baik pada hasil pencarian.

Baca Juga :  6 Manfaat Dalam Bisnis Dengan Menggunakan Teknik SEO
  1. Tidak mengoptimalkan URL untuk SEO

Kesalahan SEO yang selanjutnya, yaitu apabila URL kamu tak sesuai dengan judul kamu serta tidak memiliki kata kunci di dalamnya, maka dapat mengakibatkan kamu kalah dalam persaingan yang ada dalam peringkat mesin pencari.

Menjalankan suatu situs web dengan menggunakan cara yang tradisional bisa membuat kamu kehabisan waktu, di sisi lain juga hal tersebut cukup sulit untuk dilakukan. Namun, pada saat kamu memakai platform CMS seperti WordPress, maka hal tersebut tentunya akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Bahkan, kamu hanya perlu untuk melakukan perubahan pada bagian pengaturan premalink.

Setelah itu, kamu bisa memodifikasi URL yang ada pada bagian bawah dari judul di editor kamu, jadi URL pun dapat sesuai dengan keinginan kamu.

Tidak hanya itu, WordPress juga akan memudahkan kamu untuk mengatur struktur URL dengan adanya pilihan yang SEO friendly yang mudah untuk dibaca, baik itu oleh manusia ataupun oleh mesin pencari.

  1. Tidak Menginstall Plugin SEO WordPress

Kesalahan yang satu ini merupakan kesalahan umum yang biasanya dilakukan oleh banyak pengguna WordPress. Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa plugin SEO, sepeti plugin All in One SEO dan WordPress SEO by Yoast, yang mempunyai keunggulan yang sangat luar biasa yang dapat kamu gunakan untuk mengoptimasi SEO di situs kamu.

Masing-masing dari plugin tersebut mampu membantu kamu untuk mengoptimalkan SEO pada situs kamu dengan menggunakan cara yang berbeda. Oleh sebab itu, kamu dapat memilih jenis plugin apa yang ingin kamu gunakan dan kamu juga dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu.

  1. Tidak Mengupdate WordPress

WordPress juga sering diperbarui dalam waktu-waktu tertentu dan kamu pun juga perlu untuk melakukan update untuk versi yang baru tersebut. Hal ini karena kamu bisa mendapatkan keuntungan dari fitur-fitur, seperti peningkatan kecepatan, peningkatan keamanan dan berbagai macam perbaikan lainnya.

Selain dengan selalu melakukan update untuk versi terbaru WordPress, kamu juga perlu untuk selalu melakukan backup sebelum kamu melakukan update besar yang ada pada situs WordPress kamu. Dengan melakukan hal ini maka akan membantu untuk mengamankan situs kamu apabila terjadi kesalahan pada saat melakukan update yang mungkin saja bisa menjadikan situs WordPress kamu menjadi error dan tidak dapat berjalan dengan baik.

  1. Tidak Membuat XML Sitemap

Penting untuk diketahui bahwa didalam XML sitemap terdapat daftar URL untuk situs kamu. Dengan menggunakan bantuan file XML ini, maka webmaster tools bisa menjadikan lebih mudah bagi mesin pencari saat menjelajahi situs dengan efisien dan lebih mudah. Tetapi, terdapat beberapa pengguna WordPress yang masih belum mengerti mengenai pentingnya Sitemaps XML ini, yang mampu membuat mesin pencari akhirnya bisa saja mengabaikan halaman dari situs dan akan lebih lama lagi bagi mesin pencari untuk dapat merayapi situs kamu. Selain itu, hal tersebut juga secara alami bisa membuat visibilitas dari situs kamu menjadi sangat berkurang.

  1. Link Eksternal yang Tidak Relevan

Penting untuk diingat bahwa link eksternal juga sama pentingnya dengan link internal dan tentunya harus relevan, dan mampu menjaga situs kamu agar berada dalam konteks. Search Engine akan memperhatikan link yang kamu miliki ke situs lain serta membandingkan isi tematik dengan tujuan untuk memastikan bahwa terdapat keterkaitan. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan pemeriksaan link eksternal yang akan kamu gunakan pada artikel kamu sebelum artikel tersebut di publish. Hal ini dilakukan karena link tersebut harus sesuai serta relevan dengan topik yang kamu bahas pada artikel tersebut.

Baca Juga :  Rahasia Website Cepat Diindeks Google! Kamu Wajib Tau!
  1. Tidak Mendaftarkan Situs Kamu ke Google Search Console

Apabila kamu tidak menggunakan alat webmaster Google yang biasa dikenal dengan Google Search Console, maka kamu bisa kehilangan seluruh data penting yang bisa disediakan oleh alat tersebut.

Alat yang satu ini merupakan alat yang terbilang hebat yang mampu memberitahu kamu kapan pun ketika situs web kamu sedang bermasalah, seperti pemberitahuan DMCA, penalti algoritma dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, penting untuk mendaftarkan situs WordPress kamu ke Google Search Console serta menghubungkannya dengan situs web yang kamu miliki. Setelah itu, kamu bisa mengirimkan sitemap XML situs web kamu.

  1. Tidak Membuat Kategori Tag Dengan Benar

Apabila kamu ingin menjaga pengguna terlibat serta meningkatkan lalu lintas situs kamu, maka kamu bisa menggunakan kategori dan Tag. Dengan menggunakan kategori dan tag yang benar pada blog dan artikel dapat mendorong pembaca untuk menjelajahi semua isi website kamu.

Penting untuk diketahui bahwa mempunyai posting web tanpa adanya tag dan kategori dapat mengakbitkan kehilangannya peringkat kamu dengan mesin pencari.

Itulah tadi beberapa contoh kesalahan SEO di WordPress yang wajib kamu ketahui. Jangan lupa untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Check Also

featured image juragan online

Cara Mudah Optimasi Gambar Untuk Datangkan Trafik ke Website

Panduan singkat plugin wordpress Auto Image Attribut Untuk mendapatkan traffic menuju blog kita, bisa melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EBOOK GRATIS!

Dibongkar tuntas, rahasia para mastah menghasilkan puluhan hingga ratusan juta dari affiliate

Cek detail ebook dulu… klik disini

DIBONGKAR RAHASIA PARA MASTAH BER-BISNIS AFFILIATE

super affiliate e1522321658510
  • Mengapa bisnis ini menjadi favorit para pebisnis online
  • Tools apa saja yang mereka gunakan
  • Skill yang mesti kamu tahu untuk bisnis affiliasi ini
  • Bagaimana menciptakan "GIFT" untuk kumpulkan data
  • Traffic yang jadi andalan untuk jaring list email
  • Serta tips dan trik lainnya

Download Segera Sebelum Halaman Ini Saya Hapus!!

Bisnis affiliate hampir dilakukan oleh semua pebisnis online. Ebook ini akan bocorkan rahasia mengapa mereka dapatkan income puluhan juta bahkan ratusan juta dalam satu tahun

  • Sama seperti Anda, saya juga tidak menyukai SPAM. Data email Anda aman bersama Tim JuraganOnline