animation software terbaik

7 Software Gratis Terbaik Untuk Membuat Animasi yang Wajib Kamu Coba!

Penting untuk diketahui bahwa animasi merupakan salah satu format terbaik bagi konten kamu. Untuk membuat animasi ini tentunya akan lebih mudah dengan adanya software animasi. Kamu dapat membuat seri edukasi ataupun kampanye pencitraan merek yang ada dalam konten yang mudah untuk dicerna.

Biasanya untuk mempunyai software animasi, kamu harus mengeluarkan banya biaya. Selain itu, kamu juga memerlukan banyak waktu pelatihan agar lebih mahir dalam bidang pembautan animasi. Dan untungnya, alat-alat tersebut juga sangat mudah  digunakan bagi pengguna akhir-akhir ini dan bahkan seorang pemula pun juga dapat mempercepat proses pembuatan animasi dengan adanya berbagai macam fitur yang ada didalam software hanya dalam waktu beberapa jam atau bahkan kurang. Ditambah lagi dengan adanya pilihan software animasi gratis yang bisa kamu gunakan.

Berikut ini beberapa rekomendasi 7 software gratis terbaik untuk membuat animasi yang dapat kamu gunakan.

Animaker

  1. Animaker

Bagi kamu yang sedang mencari platform dengan antarmuka drag-and-drop yang dominan, maka Animaker dapat menjadi pilihan software animasi gratis terbaik yang dapat kamu gunakan. Hal ini akan semudah dengan mengoperasikan PowerPoint, namun hanya untuk animasi. Tidak hanya itu, tampilannya pun juga sedikit seperti PowerPoint atau Google Slides.

Terdapat berbagai macam jenis video yang dirancang oleh Animaker yang dapat membantu kamu untuk membuat animasi slide. Selain itu, ini juga mempunyai modul khusus yang terbilang berbeda, mulai dari video penjelajah ke iklan.

Apabila kamu ingin menaikkan level pemasaran konten kamu dengan cepat, Animaker dapat membantu kamu untuk mencapai hal ini tanpa hasil. Dengan adanya pustaka besar karakter dan juga template animasi, kamu bisa meletakkan wajah kartun dan juga membiarkannya bergerak dan menambahkan elemen karakter pada video kamu. Selain itu, kamu juga bisa membuat papan tulis, kartun 2D dan juga infografis dengan menggunakan Animaker.

Fitur utama yang ada pada Animaker, yaitu:

  1. Sebagai pembuat infografis
  2. Memiliki perpustakaan besar karakter dan template
  3. Sebagai pembuat video papan tulis
  4. Drag and drop antarmuka pengguna

PowToon

  1. PowToon

Bagi kamu yang sedang mencari animasi gratis yang dapat digunakan untuk presentasi ataupun video yang lebih sederhana tetapi tetap menarik, maka kamu dapat menjadikan PowToon sebagai software gratis terbaik pilihan kamu.

Pada dasarnya ini merupakan pembuat video presentasi dan juga animasi online. Dengan hal tersebut, tentunya sangat cocok dengan pitch ide, profile perusahaan, pengenalan produk, infografis, video how to dan bahkan iklan online.

Dengan menggunakan PowToon, maka kamu dapat memposting, membuat dan juga membagikan kreasi kamu secara online. Kamu juga bisa membaginya dengan melalui email ataupun di ruang kerja virtual kamu seperti software manajemen proyek.

Selain itu, PowToon juga terintegrasi dengan sangat baik dengan Vimeo, Facebook, Slideshare dan juga YouTube.

Fitur utama yang ada pada PowToon, yaitu:

  1. Terdapat konten bebas-royalti
  2. Mempunyai antarmuka yang mudah untuk digunakan
  3. Ekspor langsung ke platform berbagai (Vimeo, Facebook dan lain-lain)
  4. Bisa akses ke perpustakaan video PowToon

OpenToonz

  1. OpenToonz

OpenToonz merupakan software animasi 2D. OpenToonz merupakan software open-source dan juga gratis. Hal ini berarti dapat digunakan oleh siapapun baik itu untuk tujuan komersial ataupun untuk penggunaan pribadi. Pengguna yang mahir bisa memodifikasi software agar dapat sesuai dengan penggunanya.

Ini mempunyai antarmuka pengguna yang terbilang cukup mudah, namun terdapat alat yang memiliki kemampuan canggih dimana memungkinkan kamu untuk membuat animasi yang terbilang lebih rumit secara teknis.

OpenToonz merupakan software animasi tingkat menengah yang mana para ahli dan juga para pemula bisa menggunakannya untuk proyek khusus yang mereka miliki.

Beberapa fitur utama dari OpenToonz, yaitu:

  1. Membuat distorsi bergelombang
  2. Pencahayaan yang terkena dampak tersedia
  3. Mengubah gaya gambar secara mudah

Baca Juga :  6 Aplikasi Penting Yang Wajib Kamu Punya Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja!

 

Blender

  1. Blender

Software yang satu ini juga menyertakan fitur pelacakan objek. Kamu dapat memiringkan, menggeser, melacak dan juga memutar kamera yang ada di sekitar objek bahkan dalam 360 derajat. Selain itu, ia juga hadir dengan adanya API Python yang membuat para pengguna tingat lanjug bisa menyesuaikan dnegan antarmuka penggunanya.

Suatu software yang kuat, Blender merupakan software animasi profesional yang bisa kamu gunakan. Satu hal yang menarik yang ada pada Blender, yaitu terintegrasi dengan Pipeline Tools.

Blender juga mudah untuk memenuhi kebutuhan para pengguna tingkat lanjut. Ini terbilang kurang ramah bagi pemula walaupun terdapat banyak tutorial online.

Beberapa fitur utama yang ada pada Blender, yaitu:

  1. Simulasi realistis standar industri
  2. Terdapat pelacak jalur produksi canggih untuk perenderan yang realistis
  3. Antarmuka pengguna yang bisa disesuaikan
  4. Dirancang untuk animasi yang kuat

Pencil2D

  1. Pencil2D

Pencil2D merupakan sebuah software animasi yang sesuai dengan namanya. Pencil2D memungkinkan penggunanya untuk membuat animasi tradisional yang digambar dengan menggunakan tangan. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga memungkinakn giliran kamu animasi 2D yang dapat digambar tangan tradisional digital. Hal ini juga ditawarkan di Windows, macOS dan juga Linux. Bahkan, hal tersebut juga sepenuhnya gratis dan juga open source. Tidak terdapat paket berbayar dan kamu pun juga bisa menggunakannya secara komersial.

Karena merupakan versi digital dari alur kerja animasi tradisional, maka cara terbaik untuk memanfaatkannya dalam bisnis adalah dengan mempunyai seseorang yang memiliki keterampilan seni tradisional untuk mengatasinya. Apabila kamu memang mempunyai keterampilan itu sendiri, maka animasinya akan mudah.

Beberapa fitur utama yang ada pada Pencil2D, yaitu:

  1. Program ringan
  2. Fungsional untuk OS populer
  3. Mempunyai antarmuka yang mudah
  4. Beralih di antara file vektor dan juga raster secara mudah

Plastic Animation Paper

  1. Plastic Animation Paper

PAP atau Plastic Animation Paper secara luas dapat dianggap sebagai salah satu software animasi gratis bagi animator. Plastic Animation Paper merupakan alat animasi 2D yang memungkinkan penggunanya untuk secara intuitif beralih dari animasi analog ke digital. Ini akan intuitif apabila kamu telah menjadi animator ataupun mempunyai keterampilan seni yang dibutuhkan serta memahami alat tersebut.

Sebnarnya, Plastic Animation Paper merupakan versi lama dari Animation Paper, versi berbayar. Walaupun terdapat banyak seniman digital yang menganggap bahwa Plastic Animation Paper telah ketinggalan zaman, tetapi itu masih dapat berfungsi dengan baik apabila kamu sudah terbiasa.

Fitur utama yang ada pada Plastic Animation Paper, yaitu:

  1. Alat menggambar dasar
  2. Light Table
  3. Kemampuan layering
  4. Siklus berjlaan dan waktu ikon

Synfig Studio

  1. Synfig Studio

Synfig Studio merupakan software open-source dan juga animasi gratis. Memiliki antarmuka pengguna berbasis waktu. Hal ini sama dengan Pencil2D dimana cara kerjanya yang berdasarkan dengan alur kerja animasi tradisional.

Terdapat beberapa fitur utama yang ada pada Synfig Studio, yaitu:

  1. Fitur filter
  2. Fitur layering
  3. Gambar bitmap animasi dengan sistem bone
  4. Vektor tweening serta kemampuan canggih bagi pengguna tingkat lanjut

Itulah tadi beberapa rekomendasi software untuk membuat animasi yang dapat kamu gunakan. Kamu bisa memakai software pembuat animasi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Check Also

Strava

Inilah Aplikasi Terbaik Untuk Smartwatch yang Wajib Kamu Coba!

Apakah pada saat ini kamu sedang mempunyai jam tangan pintar Wear OS baru untuk iPhone …