7 Jenis Peluang Usaha Online Dengan Modal Kecil Dan Menjanjikan

7 Jenis Peluang Usaha Online Dengan Modal Kecil Dan Menjanjikan

Kemajuan teknologi yang ada pada saat ini tentunya telah memberikan kemudahan kepada kita untuk melakukan berbagai macam aktivitas, seperti mencari informasi atau kabar berita, berkomunikasi dengan sanak saudara ataupun rekan yang lokasinya cukup jauh dari lokasi kita, bahkan kemajuan teknologi saat ini dapat membantu kita untuk menghasilkan uang dengan melakukan usaha online.

Tentu kita mengetahui bahwa pada saat ini telah banyak bermunculan berbagai macam pihak yang memulai usahanya dalam dunia online. Bahkan tak jarang, terdapat banyak pihak yang telah mencapai kesuksesannya dengan melakukan bisnis secara online tersebut.

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis secara online, tentunya kamu harus memikirkan terlebih dahulu bisnis apa yang akan kamu mulai dan bisnis bagaimana yang sekiranya akan disukai oleh para konsumen.

Berikut beberapa rekomendasi peluang usaha yang dapat kamu lakukan secara online dengan modal kecil dan juga menjanjikan yang dapat kamu coba.

  1. Berjualan di pasar online atau marketplace

Rekomendasi peluang usaha online pertama yang dapat kamu lakukan yaitu dengan berjualan berbagai macam produk di berbagai macam pasar online atau marketplace. Bagi kamu yang telah mengetahui jenis produk apa yang akan kamu pasarkan, maka peluang usaha online yang satu ini tentunya akan mejadi ide yang sangat cocok bagi kamu. Pasalnya, berjualan di marketplace atau pasar online akan memudahkan kamu untuk mendapatkan konsumen. Tetapi, bagi kamu yang belum mengetahui jenis barang apa yang akan kamu jual, maka sebaiknya kamu memikirkan secara matang jenis dagangan yang akan kamu tawarkan.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba peluang usaha yang satu ini, maka kamu dapat memanfaatkan beberapa marketplace besar yang ada pada saat ini, seperti OLX, Tokopedia, eBay, Bukalapak, Kaskus FJB dan lain sebagainya.

Baca Juga :  5 Langkah Awal Saat Terjun Ke Bisnis Internet
  1. Menjual ataupun membuat produk-produk yang memiliki informasi didalamnya

Yang dimaksud dengan produk-produk yang memiliki informasi didalamnya adalah suatu produk, seperti video, buku, audio ataupun berupa ebook. Contohnya adalah seperti video mengenai tutorial memasak, maka didalam video tersebut memuat informasi mengenai resep-resep masakan tertentu serta langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat masakan tersebut.

Mungkin beberapa dari kalian memiliki pertanyaan “apakah ada orang yang tertarik untuk membeli produk-produk tersebut?” jawabannya, tentu saja ada. Terdapat 2 alasan yang menyebabkan seseorang tertarik untuk membeli produk-produk yang didalamnya memiliki informasi, seperti:

  • Panduan atau langkah-langkah yang terdapat didalamnya pada umumnya lebih terstruktur atau lebih tertata mulai dari langkah pertama hingga langkah terakhir.
  • Isi yang terkandung didalamnya pada umumnya lebih mendalam dan lebih jelas dibandingkan dengan isi yang berada di sebuah artikel di blog.

Ketika kamu sudah membuat atau menemukan produk informasi yang akan kamu jual, maka kamu dapat menawarkan produk-produk tersebut di tempat-tempat seperti Juallo, Gumroad, Ratakan, Guldes.co, Clickbank ataupun di marketplace dan website atau blog pribadi yang kamu miliki.

  1. Menjual stock desain grafis yang tersedia

Mungkin beberapa dari kalian masih merasa bingung dengan ide usaha online yang satu ini. Yang dimaksud dengan stock dalam hal ini adalah semacam template yang sudah siap untuk dikustomisasi atau sudah siap untuk dipakai. Contohnya adalah template illustrator atau photoshop, template logo, template presentasi ataupun icon.

Jadi, bagi kamu yang tidak suka untuk menawarkan jasa, maka peluang usaha online yang satu ini dapat menjadi ide peluang usaha online yang dapat kamu coba.

Terdapat beberapa tempat yang dapat kamu gunakan untuk menjual stock desain grafis, seperti IconFinder (khusus icon), GraphicRiver atau CreativeMarket.

  1. Menjual produk di website pribadi yang kamu miliki

Peluang usaha online yang satu ini merupakan jenis peluang usaha online yang pada umumnya cukup banyak diminati oleh beberapa pihak, hal ini dikarenakan peluang usaha yang satu ini memiliki proses yang terbilang cukup mudah serta memberikan perhasilan yang cukup menguntungkan.

Dengan berjualan secara online, maka kamu dapat dengan mudah melakukan proses penjualan kapanpun dan dimanapun selama terdapat koneksi internet. Jenis peluang usaha online yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tetapi memiliki kesibukan lainnya yang tidak dapat ditinggalkan.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba peluang usaha online yang satu ini, maka kamu dapat mencoba untuk menggunakan beberapa platform, seperti:

  • Jarvis Store : gratis untuk 20 produk!
  • Shoplfy: mulai dari $14 per bulan, lebih mudah dan memiliki fitur yang lengkap.
  • Instagram: sosial media berbasis gambar yang dapat memudahkan kamu untuk melakukan aktivitas jualan online.
  • WordPress + WooCommerce: kurang lebih sekitar $40 per tahun untuk domain dan hosting.
  • WebPraktis: mulai dari 680 ribu per tahun.

Baca Juga :  Belajar Bisnis Internet Marketing Untuk Pemula Secara Efektif Dan Efisien
  1. Membuat website dengan keanggotaan yang premium

Membuat suatu membership website itu artinya kamu akan menyediakan konten-konten premium dimana konten-konten tersebut hanya dapat diakses oleh seseorang yang telah membayar dengan tarif tertentu untuk menjadi anggota. Pada umumnya, pembayarannya akan berbentuk langganan selaam sebulan ataupun selama setahun.

Terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memberikan konten-konten premium kepada para member, seperti:

  • Cara pertama, dengan model seperti WPSites yang dapat membuka semua akses tutorial WordPress secara gratis, tetapi untuk mendaptkannya maka orang tersebut harus membeli keanggotaan berbayar dengan harga kurang lebih $37 per bulan.
  • Cara kedua, yaitu seperti SmartInsight yang hanya memberikan konten bagi para anggota berbayar dengan memberikan harga mulai dari $59 per bulan.

  1. Membuka layanan manajemen dan pemasaran sosial media

Seperti yang telah kita ketahui bahwa sosial media menjadi sarana pemasaran online terbaik dan pastinya sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin membuka usaha-usaha online.

Terdapat beberapa pekerjaan yang perlu dilakukan oleh social media marketer, seperti:

  • Berinteraksi dengan para followers ataupun para fans.
  • Membangun kesadaran dari brand yang dimilikinya.
  • Meningkatkan traffic ke website dengan menggunakan sosial media.
  • Membuat serta membagikan konten.

  1. Menjadi Youtuber

Menjadi Youtuber merupakan salah satu peluang yang dapat kamu manfaatkan. Perlu diketahui bahwa sebuah video di Youtube yang diputar sebanyak 23.000 kali bisa mendapatkan penghasilan sebesar $395.

Selain itu, di Youtube juga terdapat 2 jenis iklan, yaitu:

  • Yang mendapatkan komisi tiap kali tayang
  • Yang mendapatkan komisi tiap kali klik

Dari iklan yang berada di Youtube ini, maka pihak Youtube akan mengambil 45%, sedangkan sisanya akan diberikan kepada si pemilik video.

Itulah tadi beberapa jenis peluang usaha online yang dapat kamu coba. Jangan cepat menyerah dengan sesuatu yang kamu mulai, tetapi berusahalah hingga usaha yang kamu buka mencapai titik kesuksesan karena untuk mencapai suatu titik kesukesan tentunya membutuhkan usaha yang tidak mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Check Also

Cache Enabler

5 Rekomendasi Plugin Cache Terbaik untuk Percepat Situs WordPress!

Bagi kamu yang menggunakan WordPress, plugin cache menjadi salah satu plugin yang wajib untuk kamu …