Home / General / 7 Contoh Perangkat Keras Yang Dapat Digunakan Untuk Mengakses Internet!
7 Contoh Perangkat Keras Yang Dapat Digunakan Untuk Mengakses Internet

7 Contoh Perangkat Keras Yang Dapat Digunakan Untuk Mengakses Internet!

Ketika kita hendak mengakses internet tanpa sadar kita akan menggunakan beberapa perangkat yang selalu kita gunakan untuk berselancar didunia internet. Setidaknya, terdapat dua jenis perangkat yang dapat digunakan untuk mengakses internet, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Kali ini, kita akan membahas mengenai contoh perangkat keras yang dapat digunakan untuk mengakses internet.

Perangkat keras merupakan perangkat yang sifatnya fisik dan dapat dipegang atau disentuh dan juga dapat dilihat secara nyata. Perangkat keras ini akan membantu penggunanya untuk menikmati konektivitas internet.

Lalu, apa saja contoh perangkat keras yang dapat digunakan untuk mengakses internet? Berikut 7 contoh perangkat keras yang dapat kamu gunakan untuk mengakses internet.

komputer

  1. Komputer atau device

Yang pertama yaitu komputer atau device yang dapat digunakan sebagai perangkat keras untuk mengakses internet. Komputer atau device merupakan salah satu komponen yang paling penting ketika kita hendak mengakses internet.

Perlu diketahui bahwa setiap komputer atau device seperti smartphone, laptop, PC, PDA dan juga tablet dapat terhubung dengan jaringan internet, sehingga kita dapat menggunakan komputer atau device untuk mengakses internet.

modem

  1. Modem

Selanjutnya yaitu modem yang menjadi salah satu perangkat keras yang banyak digunakan untuk mengakses internet. Modem merupakan kependekan dari modulator dan demodulator.

Sesuai dengan namanya, maka modem memiliki fungsi 2 arah, yaitu sebagai penerima sinyal analog yang kemudian akan mengubah sinyal tersebut menjadi sinyal digital sehingga dapat digunakan pada suatu device tertentu seperti PC atau komputer.

Pada umumnya, modem memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai penerima sinyal dari ISP atau Internet Service Provider dan membuat koneksi device ke dalam jaringan internet.

Saat ini, kita dapat menemukan penggunaan modem dalam berbagai macam bentuk, mulai dari modem USB sticks, kabel telepon sampai dengan jenis modem Wi-Fi atau MiFi.

 

router

  1. Router

Router merupakan jenis perangkat keras yang memiliki fungsi untuk melakukan proses penghalaan dan juga menyalurkan koneksi internet melalui protocol.

Fungsi router ini dapat dikatakan sebagai pendukung efisiensi dari suatu jaringan komputer sehingga jaringan yang disalurkan menjadi lebih baik. Pada umumnya, router bertugas dengan menyalurkan koneksi internet menuju user atau menuju access point tertentu, hal ini sesuai dengan tabel routing yang telah tersedia. Tabel routing sendiri dapat dikatakan sebagai penentu kemana saja sinyal dan juga paket data yang akan ditransmisikan.

kabel jaringan

  1. Kabel jaringan

Saat ini, kita banyak menemukan konektivitas yang yang beredar dengan menggunakan teknologi nirkabel. Tetapi, meskipun begitu kita tidak boleh mengesampingkan kabel jaringan. Pasalnya, kabel jaringan ini biasanya digunakan sebagai home broadband pada rumah, perusahaan ataupun perkantoran.

Kabel jaringan komputer umumnya memiliki banyak jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya dan juga ruang lingkup dimana kabel tersebut akan digunakan. Sehingga, dapat dikatakan bahwa berbeda ruang lingkup maka akan berbeda pula jenis kabel yang akan digunakan.

 

akses poin

  1. Access Point

Access point merupakan jenis perangkat keras yang memiliki fungsi untuk memancarkan sinyal nirkabel dari sebuah ISP. Access point ini memiliki fungsi yang sama seperti modem, tetapi access point umumnya lebih banyak digunakan sebagai sesuatu yang dikenal dengan sebutan hotspot.

Awalnya, access point akan menerima sinyal dan juga paket dara yang berasal dari ISP, setelah itu access point akan memancarkan sinyal tersebut dalam radius tertentu sehingga membuat penggunanya dapat mengakses internet.

  1. Wireless Network Adapter

Wireless Network Adapter merupakan jenis perangkat keras yang dapat kamu temukan didalam komputer klien yang akan mengakses internet.

Beberapa perangkat seperti PC, device ataupun komputer membutuhkan Wireless Network Adapater agar mampu menangkap sinyal wireless yang telah dipancarkan oleh access point. Dengan adanya wireless network adapter ini maka setiap komputer dapat terhubung dengan koneksi internet secara wireless.

server

  1. Server

Server dapat dikatakan sebagai perangkat khusus yang dibuat sebagai pusat data. Kemudian, seluruh data dan juga informasi yang berada didalam server ini akan ditransmisikan ke client dan juga penggunaanya melalui internet.

Sehingga, tanpa adanya server maka kita tidak dapat menemukan konten apapun, walaupun kita sudah terhubung dengan jaringan tersebut. Selain itu, server juga akan membantu untuk menentukan kecepatan akses, karena pada umumnya, semakin jauh lokasi server maka bisa jadi kecepatan akses yang didapatkan oleh penggunanya menjadi tidak stabil atau tidak optimal.

Itulah tadi 7 jenis perangkat keras yang dapat digunakan untuk mengakses internet. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa perangkat keras merupakan sebuah perangkat yang dapat dipegang dan juga dilihat secara nyata, oleh sebab itu hendaknya kita menjaga berbagai macam jenis perangkat keras yang kita miliki untuk mengakses internet. Semoga bermanfaat!

Check Also

Tentang Proxy Si Sistem Unik Dengan Sejuta Manfaat

Pembahasan Lengkap Tentang Proxy Si Sistem Unik Dengan Sejuta Manfaat!

Pernah kah kamu mendengar kata proxy sebelumnya? Proxy merupakan sebuah sistem yang dapat membantu penggunanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *