Home / List Building / 7 Cara Jitu Mendapatkan Leads yang Wajib Kamu Coba!
7 Cara Jitu Mendapatkan Leads yang Wajib Kamu Coba

7 Cara Jitu Mendapatkan Leads yang Wajib Kamu Coba!

            Pernahkah kamu mendengar tentang leads sebelumnya? Apa sebenarnya yang dimaksud dengan leads? Dan bagaimana cara mendapatkan leads? Berikut ini pembahasan mengenai leads yang perlu kamu ketahui.

Pengertian Leads

            Leads merupakan orang-orang yang memiliki potensi yang besar untuk diprospek menjadi pelanggan. Pada umumnya, mereka akan meninggalkan kontak agar kamu bisa menghubungi mereka dengan lebih leluasa. Dengan adanya kontak itulah, kamu dapat mengirimkan infor mengenai promo ataupun rilis produk terbaru.

            Tetapi, leads tidak bisa didapatkan dengan begitu saja. Kamu memerlukan lead generation agar mampu menjaring leads yang lebih berkualitas. Lebih tepatnya lagi, lead generation merupakan proses menarik orang serta mengubahnya agar menjadi pelanggan kamu. Terdapat beberapa metode lead generation, seperti freebies, blog, kupon dan lain-lain.

            Sebelum mengetahui lebih banyak mengenai leads, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai 4 macam leads. Hal ini karena, setiap orang mempunyai kebutuhan yang tidak sama atau berbeda-beda. Tentu saja kamu ingin menjawab kebutuhan mereka dengan tepat. Dengan melakukan hal tersebut, mereka akan merasakan hal tersebut dan akhirnya dapat menjadi pelanggan setia kamu.

            Dibawah ini 4 macam leads yang wajib kamu ketahui.

  1. Product Qualified Lead

Product Qualified Lead (PQL) merupakan orang-orang yang sudah menjajal program “coba gratis” ataupun versi basic dari suatu produk. Orang-orang tersebut kemudian tertarik untuk berlangganan terhadap produk tersebut atau melakukan upgrade produk ke versi premium.

  1. Marketing Qualified Lead

Marketing Qualified Lead merupakan orang-orang yang telah terpapar serta berinteraksi dengan materi promosi yang sudah kamu buat. Contohnya, mereka pernah mengisi kontak yang berada di landing page ataupun mengunduh e-book secara gratis.

Walaupun telah familiar dengan layanan atau produk yang kamu tawarkan, namun MQL belum tentu siap untuk melakukan pembelian terhadap layanan atau produk. Dengan begitu, MQL justru menjadi lead yang paling potensial untuk diprospek menjadi konsumen.

  1. Service Qualified Lead

Sebenarnya, Service Qualified Lead hampir sama dengan Product Qualified Lead (PQL). Service Qualified Lead merupakan orang-orang yang sudah menjajal fitur terbatas atau versi gratis dari suatu layanan. Kemudian, mereka tertarik untuk membayar lebih supaya dapat menggunakan fitur premium yang mereka inginkan.

  1. Sales Qualified Lead

Sales Qualified Lead (SQL) merupakan orang-orang yang tertarik untuk melakukan pembelian terhadap sebuah produk atau layanan. Tidak hanya bertanya saja, bahkan SQL juga biasanya telah siap untuk membayar sejumlah uang atau siap menjadi pelanggan. Pada umumnya, SQL bisa dikenali karena pertanyaan-pertanyaan mereka mengenai detail info ataupun spesifikasi produk.

Mengapa Leads Penting?

            Mungkin ada yang bertanya mengapa leads itu penting? Perlu diketahui bahwa lead generation menjadi bagian yang sangat penting didalam digital marketing. Mengapa demikian? Berikut ini penejelasan singkatnya.

  1. Leads akan memudahkan kamu untuk memetakan demografis calon pelanggan beserta kebutuhannya.
  2. Leads akan memudahkan kamu untuk mempraktikkan strategi inbound marketing.
  3. Leads memungkinkan kamu untuk mengirimkan konten-konten yang bermanfaat bagi para calon pelanggan kamu.
  4. Leads memungkinkan kamu untuk melakukan aktivitas promosi dan juga konversi ke segmen pelanggan yang paling potensial.
  5. Leads digunakan agar kamu memiliki kemudahan untuk menghubungi calon pelanggan potensial.

 

Baca Juga :  Tujuan Dan Keuntungan Melakukan List Building

 

Cara Jitu untuk Mendpatkan Leads

            Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan leads.

  1. Freebies

Freebies merupakan konten yang dibuat dengan sengaja dan dibagikan secara gratis. Namun, konten yang satu ini tidak sama seperti yang ada di video atau blog. Pada umumnya, feebies bisa diunduh dan juga dicetak di atas kertas, seperti worksheet, ebook, poster, panduan singkat, checklist dan lain-lain.

Jika dibandingkan dengan strategi untuk mendapatkan leads via ebook, strategi freebies dapat dikatakan menjadi strategi yang lebih efektif. Hal ini karena kamu dapat membuat konten bahkan dalam waktu yang lebih singkat dan yang pastinya format konten yang satu ini juga lebih hemat tenaga. Dengan begitu, kamu dapat memfokuskan sisa tenaga yang kamu miliki untuk menggiring traffic leads yang lebih berkualitas.

  1. Memberikan Opsi Subscribe Konten

Perlu diketahui bahwa cara yang satu ini menjadi salah satu cara yang juga penting untuk dilakukan. Terutama bagi kamu yang telah menjalankan blog untuk bisnis. Dengan menggunakan iming-iming bisa update ekslusif, kamu bisa mendapatkan nama dan juga alamat email yang berasal dari pengunjung dengan lebih mudah.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan form subscribe di seluruh konten blog. Sehingga setiap pengunjung (tanpa terkecuali) akan selalu diberikan penawaran untuk subscribe blog. Jadi, kemungkinkan bisnis kamu untuk mendapatkan leads juga akan semakin besar.

  1. Membuat Landing Page

Landing page merupakan halaman khusus yang didalamnya berisi form untuk mengumpulkan leads. Biasanya, halaman tersebut juga akan memuat informasi lengkap mengenai produk ataupun layanan yang bisnis tawarkan.

Perlu diketahui bahwa membuat landing page merupakan salah satu strategi yang mendualng leads yang paling dapat diandalkan. Dengan berbekal website dengan adanya halaman khusus, usaha kamu untuk mendapatkan leads akan terlihat lebih elegan.

Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk secara terus menerus menadapatkan leads. Hal ini karena landing page akan terus berada di website, tanpa adanya batasan waktu. Kamu hanya perlu mengarahkan orang untuk mengunjungi website tersebut dan juga landing page tersebut.

Strategi yang satu ini juga dapat menjadi strategi yang sangat fleksibel untuk dikombinasikan dengan cara mendapatkan leads yang lainnya. Contohnya, kamu dapat membuat landing page khusus untuk dibagikan dengan ebook ataupun menyelenggarakan webinar. Menarik, bukan?

  1. Membuat Konten Premium

Apabila kamu mempunyai konten yang kualitasnya super dan juga basis massa yang loyal, maka kamu dapat mencoba untuk membuat konten premium. Dengan melakukan cara ini, maka kamu bisa mendatangkan leads yang berkualitas. Hal ini dikarenakan orang-orang yang sesuai dengan kriteria target pasar yang akan memberikan kontak mereka.

Sebenarnya, strategi ini lebih banyak digunakan oleh portal berita dan juga majalah online. Hal ini terutama oleh media yang berbasis luar negeri ataupun bagi yang mempunyai jaringan internasional.

Jika kamu tertarik untuk menerapkan cara yang satu ini, maka kamu perlu memastikan bahwa kamu benar-benar mempunyai nilai tambah. Setidaknya, kamu perlu memastikan bahwa konten yang kamu miliki memberikan insight baru dan juga menjawab semua rasa penasaran yang mereka miliki.

  1. Membagikan Ebook

Dengan membuat ebook dan membagikannya secara gratis juga dapat menjadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mendatangkan leads. Cara yang satu ini menjadi salah satu cara yang biasa digunakan oleh bisnis B2B. Mengapa demikian?

Penting untuk diketahui bahwa transaksi bisnis B2B biasanya tidak terjadi hanya dalam satu kali pertemuan. Hal ini dikarenakan nilai transaksi yang ada dalam bisnis B2B pada umumnya sangat besar. Oleh sebab itu, dibutuhkan waktu yang lebih lama hingga pembeli benar-benar siap dan yakin untuk membeli produk atau layanan tersebut.

Terdapat beberapa tips yang dapat kamu gunakan agar ebook yang kamu miliki disukai oleh calon pelanggan, seperti:

  • Menggunakan desain ebook yang menarik

Dengan menggunakan tampilan ebook yang menarik, maka dapat membantu para pembaca untuk menikmati konten yang telah kamu sajikan.

  • Memilih topik yang lebih spesifik

Jika kamu mempunyai beberapa nilai layanan atau produk, sebaiknya jangan terburu-buru untuk memasukkan semua topik yang berhugan dalam satu buku. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan lead dalam jumlah yang banyak dan juga spesifik.

  • Menambahkan elemen dekoratif ke ebook

Kamu dapat menaruh foto, gambar, quote, data, diagram dan lain sebagainya yang dapat menambahakan estetika. Akan lebih baik lagi apabila seluruh elemen dekoratif tersebut membantu para pembaca untuk memahami konten.

  • Membuat outline untuk memetakan konten ebook

Agar konten yang kamu tulis dapat dengan mudah diapahami oleh pembaca. Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa kamu telah memetakan konten dengan baik, logis dan secara terurut.

            Apabila ebook yang kamu miliki telah memenuhi beberapa hal seperti yang disebutkan diatas, maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan ebook tersebut. Kemudian, dapatkan leads dari orang-orang yang memiliki minat terhadap ebook tersebut.

Baca Juga :  Tool Yang Digunakan Dalam List Building
  1. Webinar

Jika kamu ingin tampil beda dari yang lainnya dan apabila kamu mempunyai resource dan tenaga lebih untuk melakukan hal tersebut, maka kamu dapat mencoba untuk menggunakan webinar untuk mendulang leads, terutama untuk MQL.

Dengan adanya format konten semacam web seminar tentunya akan memberikan keleluasaan bagi kamu. Hal ini utamanya dari sisi penyelenggaraan. Kamu dapat membuat webinar dimanapun dan kapanpun. Bahkan, sangking fleksibelnya, pembicara yang ada dalam webinar pun tidak harus berada dalam satu ruangan.

Dengan adanya kelebihan ini tentunya menjadi kesempatan bagi kamu untuk membuat webinar “out-of-the-box” menjadi tak terbatas. Penting untuk diingat bahwa semakin menarik bahasan webinar yang ditawarkan, maka akan semakin banyak juga yang ingin mengikuti sesi webinar tersebut. Hal ini berarti, akan semakin banyak leads yang didapatkan. Juga, leads takkan terbatas hanya pada wilayah tertentu saja.

  1. Memanfaatkan media sosial

Untuk mendapatkan leads juga dapat kamu lakukan dengan menggunakan media sosial, seperti Instagram, Twitter ataupun Facebook. Tetapi, untuk melakukan hal tersebut tentunya ada syaratnya, yaitu kamu harus mempunyai suatu nilai tambah ataupun konten ekslusif untuk menarik perhatian calon pelanggan.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan leads. Kamu dapat melakukan berbagai macam cara lainnya untuk mendapatkan leads. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Check Also

cara sederhana dan murah membuat lead magnet

Cara sederhana dan murah dalam membuat lead magnet

berikut ada dua cara yang relatif murah dan mudah dalam membuat lead magnet. Kita sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EBOOK GRATIS!

Dibongkar tuntas, rahasia para mastah menghasilkan puluhan hingga ratusan juta dari affiliate

Cek detail ebook dulu… klik disini

DIBONGKAR RAHASIA PARA MASTAH BER-BISNIS AFFILIATE

super affiliate e1522321658510
  • Mengapa bisnis ini menjadi favorit para pebisnis online
  • Tools apa saja yang mereka gunakan
  • Skill yang mesti kamu tahu untuk bisnis affiliasi ini
  • Bagaimana menciptakan "GIFT" untuk kumpulkan data
  • Traffic yang jadi andalan untuk jaring list email
  • Serta tips dan trik lainnya

Download Segera Sebelum Halaman Ini Saya Hapus!!

Bisnis affiliate hampir dilakukan oleh semua pebisnis online. Ebook ini akan bocorkan rahasia mengapa mereka dapatkan income puluhan juta bahkan ratusan juta dalam satu tahun

  • Sama seperti Anda, saya juga tidak menyukai SPAM. Data email Anda aman bersama Tim JuraganOnline