Inilah 7 Cara Ampuh Agar Video YouTube Ditonton Banyak Orang

Inilah 7 Cara Ampuh Agar Video YouTube Ditonton Banyak Orang!

Kamu mungkin saja menghasilkan konten video yang sangat luar biasa serta menjalankan channel YouTube yang hebat, namun apabila kamu tidak berusaha untuk mempromosikannya, maka untuk memperoleh penonton dan juga subscriber baru mungkin bisa menjadi suatu hal yang cukup sulit.

Untuk menjadi subscriber kamu, tentunya seseorang harus menemukan video kamu terlebih dahulu melalui link rujukan ataupun melalui pencarian YouTube. Kemudian, setelah mereka menonton video kamu dan apabila mereka merasa tertarik dengan video-video yang ada di channel YouTube kamu, maka mereka akan subscribe atau berlangganan ke channel YouTube yang kamu miliki.

Tetapi, bagi kamu yang baru saja memulai, mungkin hal tersebut memang menjadi suatu hal yang cukup sulit. Misalnya saja, dari 10 orang yang menemukan video kamu, kemudian hanya 7 orang yang memilih untuk menontonnya dan hanya ada 5 dari mereka yang akan menonton video tersebut hingga akhir, dan mungkin 2 dari mereka akan memilih untuk menekan tombol subscribe dan akhirnya berlangganan di channel YouTube kamu.

Nah tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar video YouTube kamu ditonton oleh banyak orang.

  1. Mengatur Video Agar Menjadi Daftar Putar

Cara pertama yang dapat kamu lakukan agar video YouTube kamu ditonton oleh banyak orang, yaitu dengan mengatur video-video yang ada di YouTube kamu agar menjadi daftar putar.

Perlu diketahui bahwa terdapat 2 manfaat yang tak terlihat ketika kamu membuat daftar putar. Yang pertama, yaitu bersama dengan thumbnail, maka daftar putar akan membuat saluran kamu menjadi teratur dan lebih mudah untuk dinavigasi. Hal ini berarti, penonton akan cenderung menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengeksplorasi topik yang mereka sukai. Yang kedua, daftar putar bisa membawa nilai pengoptimalan serta membantu untuk tampil pada hasil pencarian.

  1. Menulis Judul dan Deskripsi yang Relevan dan Menarik

Penting untuk diingat bahwa berbicara dalam bahasa yang sama dengan audiens merupakan suatu hal yang sangat penting, dan walaupun kamu mungkin ingin menjadi lebih kreatif mengenai judul, kamu tetap harus menggunakan istilah yang sama dengan yang kamu inginkan untuk video kamu. Mesin pencari YouTube mempunyai fungsi yang hampir sama dengan Google, jadi spesifik serta gunakanlah kata kunci yang sekiranya akan digunakan oleh pemirsa yang kamu inginkan.

Jika kamu merasa tidak yakin dengan pilihan kata atau topik kamu, maka kamu dapat memanfaatkan Google Trends, kemudian ketik ide-ide judul ataupun kata kunci kamu dengan tujuan membandingkannya dengan tingkat minat dari setiap kata kunci tersebut.

Begitu juga dengan deskripsi yang diyakini mempunyai sedikit dampak untuk pengoptimalan di mesin pencari YouTube. Tetapi, hal tersebut tidak berarti bahwa kamu tidak boleh untuk mengabaikan bagian deskripsi tersebut menjadi kosong ataupun hanya menggunakannya sebagai tempat untuk mengulang kata kunci kamu.

  1. Mempromosikan silang video kamu melalui media sosial

Mempromosikan konten kamu secara silang di berbagai platform merupakan cara yang luar biasa agar dapat ditemukan oleh audiens baru. Yang benar, yaitu kamu tidak pernah mengetahui bagaimana cara subscriber berikutnya untuk menemukan channel kamu, bisa dengan menelusuri tagar Twitter, menggulir umpan berita di Facebook ataupun dengan mengklik tautan rujukan. Oleh sebab itu, membagikan video pada berbagai macam platform akan memberikan manfaat untuk menumbuhkan komunitas.

Alur kerja dari promosi kamu mungkin juga termasuk dalam menyematkan video ke dalam posting blog, menerbitkan di Facebook, membagikannya menggunakan Twitter dan lain-lain. Ini semua mengenai repurposing. Apabila kamu ingin terdengar lebih otentik, maka kamu dapat membuat pesan yang berbeda untuk setiap platform. Mungkin memang akan membutuhkan 10 menit ekstra, tetapi, terbayar dalam jangka panjang.

Baca Juga :  Cara Mudah Dapat Uang di Internet dengan Email Marketing yang Benar
  1. Menjadi anggota aktif di forum

Biasanya terdapat forum dan juga komunitas untuk masing-masing bidang, seperti seorang gamer, penata rias dan lain-lain. Dengan adanya hal tersebut, kamu bisa memulai untuk berpartisipasi didalam komunitas tersebut yang mempunyai niche yang sama dengan kamu.

Tujuan melakukan hal tersebut adalah untuk memastikan bahwa orang mengetahui apa yang sedang kamu kerjakan, tanpa perlu menjadi spammer. Janganlah hanya membagikan tautan ke video kamu, namun juga perlu untuk memberikan komentar ataupun saran kamu, sembari mempunyai tautan ke saluran kamu pada bio ataupun signature kamu. Dengan melakukan cara ini, maka akan membuat channel serta video di YouTube kamu memiliki banyak penonton.

  1. Membuat thumbnail yang menarik

Banyak pengguna pemula YouTube yang percaya bahwa thumbnail adalah hal yang kurang penting karena mereka tidak mempunyai pengaruh terhadap mesin pencari serta tidak akan membantu agar video dapat muncul pada halaman pertama YouTube.

Tetapi, seperti halnya deskripsi, thumbnail juga mempunyai dampak yang luar biasa terhadap rasio klik-tayang video sehingga video YouTube akan memiliki banyak penonton. Dapat dikatakan bahwa seseorang yang mencari video bisa merasa tertarik apabila thumbnail terlihat lebih menarik dan professional. Oleh sebab itu, pastikan bahwa kamu membuat thumbnail yang sangat baik untuk membuat mereka merasa tertarik untuk menonton video-video kamu.

  1. Berkolaborasi dengan YouTuber lainnya

Cara yang satu ini juga menjadi salah satu cara yang cukup penting untuk dilakukan untuk mendapatkan penonton baru. Selain itu, cara ini juga akan memberikan pengalaman keseluruhan yang menyenangkan.

Kamu bisa menjangkau YouTuber lainnya yang bisa memberikan nilai tambah bagi audiens kamu. Apabila kamu membahas mengenai tren make up, maka kamu bisa berkolaborasi dengan para fashionista ataupun apabila kamu ingin mereview smartphone, maka kamu bisa mencari YouTuber lainnya yang mengulas mengenai aplikasi atau aksesori smartphone.

Kamu juga bisa bertanya kepada para pelanggan kamu mengenai saluran lainnya yang ingin mereka tonton dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik mengenai apa yang mereka minati.

 

  1. Memanfaatkan layer akhir dan kartu

Anotasi adalah fitur yang sangat bagus dan tentunya harus kamu manfaatkan. Hal ini karena kombinasi kartu dan layer akhir merupakan cara yang lima kali lebih kuat dan juga otentik untuk membuat penonton kamu terlibat dengan konten kamu. Selain itu, ini juga mendukung di seluler dan dapat berfungsi dengan sangat baik di aplikasi YouTube.

Namun kamu perlu memastikan bahwa kamu menampilkan anotasi dan kartu secara minimalis agar tidak mengganggu dan yang terbaik adalah hindari menautkan lebih dari 2 video pada layer akhir.

Ada langkah yang dapat kamu lakukan untuk memastikan bahwa strategi layer akhir kamu bekerja secara efisien, yaitu dengan membuka Creator Studio – Analytics – Interaction reports – End screens. Di tempat tersebut, kamu bisa melihat seberapa banyak kilk yang diperoleh dalam setiap elemen layer dan dibandingkan dengan berapa kali itu ditampilkan.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar video YouTube memiliki banyak penonton. Kamu juga bisa melakukan berbagai macam cara lainnya yang sesuai dengan keinginan kamu. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Check Also

Cache Enabler

5 Rekomendasi Plugin Cache Terbaik untuk Percepat Situs WordPress!

Bagi kamu yang menggunakan WordPress, plugin cache menjadi salah satu plugin yang wajib untuk kamu …