Home / Wordpress / 5 Website Kompres Gambar Untuk SEO Website

5 Website Kompres Gambar Untuk SEO Website

/
/
274 Views
img

Website terbaik adalah website yang saat di akses oleh visitor dengan cepat website tampil sempurna. Ada banyak faktor yang mempengaruhi bagaimana website bisa di load dengan cepat. Salah satu faktor mengapa website menjadi lambat adalah besarnya ukuran file gambar di dalam sebuah website. Maka dari itu ukuran gambar merupakan masalah tersendiri yang harus cepat diselesaikan.

Mengapa ukuran gambar menjadi sebuah masalah? Semakin besar ukuran gambar akan semakin besar beban yang diberikan pada server dan tentunya akan memperlambat loading website saat diakses. Jika lambat saat diakses, maka visitor akan keburu meninggalkan website Anda, dan tentunya ini akan mempengaruhi manfaat atau profit dari website Anda.

Baca juga : Plugin terbaik untuk mempercepat loading website kamu

Kali ini saya akan membahas tools berbasis online/ website yang dapat membantu mengkompres gambar sebelum gambar tersebut ada upload ke server.

1. Tiny PNG
Website ini adalah salah satu website yang sering saya digunakan untuk mengkompres gambar. Website ini dapat mengkompres gambar baik dengan ekstensi .png maupun ekstensi.jpg. Caranya cukup mudah kita tinggal mengupload gambar ke website mereka dengan maksimal 20 gambar sekali upload, dan masing-masing tidak lebih dari ukuran 5MB. lo teknik yang digunakan ialah kompresi lossy hingga mencapai 70%. Tinypng juga menyediakan plugin secara gratis namun tentu saja dengan keterbatasannya. Akses website TinyPNG.

2. Smush It
Smush it merupakan plugin yang sangat terkenal dikalangan internet marketer. Plugin ini menyediakan versi gratis maupun berbayar. Cara konfigurasinya pun tidak ribet. Kita tinggal menyeting otomatis, yang mana gambar akan terkompres secara otomatis begitu kita mengupload ke dalam server kita. Akses website Smust It.

3. Jpeg Mini
Tools berbasis web lainnya adalah Jpegmini. Melakukan kompresi secara optimal terhadap gambar/foto dengan tetap menjaga resolusi dan kualitas foto asli. Website ini juga memberikan support upload gambar secara massal hingga ratusan gambar. Akses website Jpegmini.

4. Optimizilla
Dengan menggunakan teknik kompresi lossy yang smart, optimizilla dapat mengecilkan gambar ukuran minimal dengan kualitas gambar yang tetap terjaga. Optimizilla support hingga upload massal 20 file dalam format JPG ataupun png. Akses website Optimizilla.

5. Compressor.io
Salah satu tools berbasis web lainnya yang patut diperhitungkan ialah Compressor.io. Website ini dapat lakukan kompres gambar dengan banyak format lain diantaranya ialah JPG, pnj, g i f dan SvG. Dengan batas ukuran file yang diupload adalah 10mb. Akses website Compressor.io.

Itulah 5 tools berbasis web yang dapat membantu mengoptimalisasi gambar sebelum kita upload ke dalam server. Semoga artikel ini bermanfaat.


  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • Pocket
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :