Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
img

5 Plugin Untuk Optimasi Gambar Terbaik Pada WordPress

/
/
195 Views

Pernahkan Anda merasa saat membuka website milik Anda ? Bisa jadi website Anda memiliki banyak gambar dan memiliki ukuran resolusi sangat besar melebihi kebutuhan website Anda.

Gambar adalah elemen yang penting dalam membuat website semakin menarik sehingga pengunjung website Anda menjadi betah dan bisa meningkatkan pageview website Anda. Namun jika kita tidak bijak dalam menggunakan gambar sebagai daya tarik konten atau desain website kita maka akan menjadi bumerang bagi website kita. Jika konten website Anda terus berkembang menjadi website yang besar dan diikuti dengan konten gambar yang jumlahnya juga ikut membesar, maka jika tidak kita antisipasi maka website akan menjadi sangat berat dan lambat saat diakses.

MENGAPA PERLU OPTIMALKAN GAMBAR

Dengan kita mengoptimalkan gambar maka akan membantu mempercepat loading website saat diakses dan tentu saja ini akan berkaitan dengan jumlah kunjungan atau pageviews website menjadi lebih baik. Jika hal ini teratasi juga akan memberikan dampak pada scoring SEO oleh Google ataupun search engine lainnya,.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana kita akan meminimalisir salah satu faktor penghambat kecepatan website saat diakses dengan mengoptimasi gambar yang kita gunakan dalam website kita. Ada 5 plugin terbaik yang akan saya share.

5 Plugin Optimasi Gambar Terbaik Versi JuraganOnline

1.  SHORTPIXEL

Fitur utama jelas untuk kompresi gambar secara optimal sehingga memiliki ukuran file lebih kecil tanpa mengurangi kualitas gambar. Dengan interface yang user friendly bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam mengkompresi gambar. File lain selain gambar yang dapat dikerjakan oleh plugin ini adalah pdf. Sedangkan ekstensi gambar yang dapat dilakukan oleh plugin ini adalah GIF,JPG, GIF.

Plugin ini memiliki banyak fitur diantaranya ialah dapat mengoptimalkan gambar secara otomatis saat kita meng-upload gambar ke wordpress. Ada versi gratis dan berbayar dari plugin ini.

Download

2. WP SMUSH

Plugin yang cukup dikenal adalah plugin WP Smush. Dengan fitur yang kaya juga mudah dalam penggunaannya untuk pemula sekalipun. Dapat melakukan kompressi secara otomatis saat kita mengupload gambar ke website kita. Ada versi gratis dan juga versi berbayar dari plugin ini. Dengan plugin ini kita juga bisa melakukan kompressi secara bulk namun terbatas jumlahnya untuk yang versi gratis.

Download

3. WP COMPRESS

Plugin pendatang baru yang kaya akan fitur. Meskipun gratis, plugin ini memiliki fitur-fitur premium. Fitur bulk kompress juga dimiliki plugin ini dengan sekali klik. Dengan pilihan hasil kompressi menjadikan plugin ini memiliki kelebihan bila dibanding dengan plugin sejenis lainnya. Tingkatan hasil kompresi yang ditawarkan yaitu loseless, inteligent dan ultra.

4. EWWW IMAGE OPTIMIZER

Plugin terkenal dan patut Anda pertimbangkan adalah Ewww Image Optimizer. Format gambar yang mampu dikerjakan plugin ini adalah JPG,PNG,GIF dan bahkan juga file PDF. Memiliki fitur pengoptimalan gambar langsung dari server Anda sendiri. Sebenarnya plugin ini juga memiliki fitur pengoptimalan gambar dari server cloud.

Download

5. OPTIMUS PLUGIN

Developer plugin ini adalah developer yang sama dari penyedia jasa CDN yaitu KeyCDN. Fitur yang dimilikinya disaat kita mengupload gambar maka gambar teroptimalkan secara otomatis. Gambar yang dioptimalkan oleh plugin ini tidak hanya gambar yang kita upload tetapi juga gambar yang dibuat secara otomatis oleh wordpress.

Download

CONCLUSION

Gambar bukanlah satu-satunya yang membuat website menjadi lambat, tetapi ada banyak faktor lainnya. Namun dengan mengoptimalkan gambar yang banyak kita upload ke server kita setidaknya dapat meminimalisir beban yang harus server hosting website kita tanggung.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar