Home / Blogging / 5 Pilihan Server DNS Publik Paling Aman dan Cepat yang Perlu Kamu Ketahui!
5 Pilihan Server DNS Publik Paling Aman dan Cepat yang Perlu Kamu Ketahui

5 Pilihan Server DNS Publik Paling Aman dan Cepat yang Perlu Kamu Ketahui!

Pernahkah kalian mendengar tentang DNS sebelumnya? Jika belum, apa sebenarnya DNS itu? DNS atau Domain Name System merupakan sistem yang akan menerjemahkan nama domain yang kamu masukkan pada browser ke alamat IP yang dibutuhkan agar dapat mengakses situs-situs tersebut.

ISP kamu akan menetapkan server DNS setiap kali kamu terhubung ke internet, namun hal ini mungkin tidak selalu menjadi pilihan yang terbaik. Server DNS yang lambat juga bisa menyebabkan akses internet kamu menjadi lambat juga, dan bahkan apabila server kamu terkadang turun, maka kamu mungkin saja tidak bisa mengakses situs apapun.

Dengan beralih ke server DNS publik gratis bisa membuat perbedaan yang nyata, dengan penjelajahan yang terbilang lebih responsis dan juga catatan waktu aktif 100% yang panjang yang berarti bahwa akan ada lebih sedikit peluang untuk masalah teknis.

Ada juga beberapa layanan yang mampu memblokir akses ke situs yang terinfeksi atau phishing dan juga ada beberapa yang memberikan penawaran berupa pemfilteran konten dengan tujuan untuk menjaga anak-anak agar terhindar dari konten yang buruk dari web.

Kamu juga perlu memilih layanan dengan sangat hati-hati – tidak seluruh penyedia DNS tertentu akan lebih baik dibandingkan dnegan apa yang disediakan oleh ISP kamu – namun, kamu tidak perlu khawatir lagi karena dibawah ini ada beberapa rekomendasi server DNS publik gratis yang aman dan juga cepat.

 

Pengertian DNS

Domain Name System atau DNS adalah buku telepon bagi internet, kerangka kerja yang akan menerjemahkan nama domain, seperti twitter.com atau facebook.com ke dalam alamat IP agar dapat dikenali oleh perangkat komputer yang kamu gunakan untuk memuat sumber daya internet itu.

Mekanisme yang ada pada DNS bisa saja sangat rumit, hal ini karena informasi tidak disimpan di dalam database tunggal, tetapi didistribusikan pada direktori yang ada di seluruh dunia yang termasuk sejumlah besar server DNS.

Namun, untungnya rata-rata pengguna internet pada umumnya tidak perlu terlibat didalam detail teknis itu. Pada umumnya, ISP kamu akan secara otomatis memberikan kamu akses ke server DNS mereka setiap kali kamu online, dan juga setiap kali kamu memasukkan URL ke browser yang kamu gunakan, hal ini akan menemukan alamat IP yang relevan untuk kamu.

Berikut ini beberapa server DNS Publik yang dapat kamu gunakan agar akses internet kamu lebih aman dan kecepatan internet kamu menjadi lebih cepat.

 

  1. OpenDNS

OpenDNS didirikan pada tahun 2005 dan pada saat ini dimiliki oleh Cisco, OpenDNS ini juga merupakan salah satu nama terbesar yang ada dalam DNS publik.

Layanan gratis yang satu ini memberikan banyak penawaran yang bermanfaat, seperti: waktu aktif 100%, situs phishing diblokir secara default, kecepatan yang tinggi serta filter web tipe kontrol orang tua opsional yang dapat digunakan untuk memblokir situs web yang berdasarkan tipe konten, dan bersama dengan dukungan email gratis apabila terdapat masalah.

Bagi kamu yang sudah lama menggunakan swapping DNS, maka kamu bisa segera memulai dengan mengkonfigurasi ulang perangkat kamu untuk menggunakan server dari OpenDNS. Namun, apabila kamu seorang pemula, maka kamu tidak perlu khawatir sebab OpenDNS mempunyai instruksi pengaturan baik itu untuk perangkat seluluer, PC, router, Mac dan lain sebagainya.

 

  1. Cloudflare

Terkenal dengan jaringan pengiriman kontennya (CDN) yang mempunyai kecepatan yang tinggi, Cloudflare sudah memperluas jangkaunnya untuk memasukkan layanan DNS publik baru, 1.1.1.1.

DNS yang satu ini tidak mempunyai fitur seperti DNS yang lainnya. Tidak ada pemblokiran iklan, tidak ada anti-phishing, tidak ada pemfilteran konten ataupun upaya lainnya yang digunakan utnuk memantau atau mengontrol apapun yang bisa kamu akses dana apa yang tidak bisa kamu akses.

Namun, Cloudflare lebih berfokus pada fundamental. Hal ini dimulai dengan kinerja dan juga kecepatan yang mana situs pengujian independen seperti DSNPerf akan menunjukkan Cloudflare merupakan layanan DNS publik tercepat.

 

  1. Comodo Secure DNS

Comodo Group merupakan kekuatan yang ada dibalik sejumlah produk keamanan yang terbilang sangat baik, dengan hal seperti ini tentunya tidak mengherankan lagi apabila perusahaan juga memberikan penawaran berupa layanan DNS publiknya sendiri.

Hal ini seperti dengan apa yang kamu harapkan, dimana Comodo Secure DNS mempunyai fokus yang kuat di keamanan. Hal tersebut tidak hanya akan memblokir phishing, namun juga akan memperingatkan apabila kamu mencoba untuk mengunjungi situs-situs yang mengandung spyware, malware, atau bahkan domain yang terparkir yang mungkin akan membebani kamu dengan iklan-iklan (pop-under, pop-up dan lain sebagainya). kemudian, kamu juga bisa mencoba layanan Comodo Dome Shield yang mana menambahkan fitur tambahan ke Comodo Secure DNS.

Comodo mengklaim bahwa layanannya lebih pintar daripada DNS publik yang lainnya, dan juga mendeteksi upaya mengunjungi domain terparkir atau ‘tidak digunakan’ serta secara otomatis meredirect kamu ke tempat yang sesuai dengan yang ingin kamu tuju.

 

  1. Public DNS Google

Tentu kita mengetahui bahwa Google sangat populer di dunia web, dan bahkan DNS publik server juga sangat mendominasi, yang mana DNS publik gratis yang dimiliki oleh Google ini telah sangat populer digunakan di Indonesia dan bahkan juga terkenal sebagai server DNS pulbik yang paling cepat, ini juga merupakan pengganti DNS yang sangat efektif untuk nameserver ISP kamu sendiri.

Layanan DNS publik Google akan mencatat informasi alamat IP lengkap dari perangkat query selama kurang lebih 24 jam atau bahkan hingga 48 jam dengan tujuan utnuk pemecahan masalah dan diagnostik. Log ‘pernamen’ akan menjatuhkan informasi yang bisa diidentifikasi secara pribadi dan juga mengurangi detail lokasi ke tingkat kota, dan seluruhnay kecuali sampel acak kecil dari ini yang akan dihapus sesudah 2 minggu.

 

  1. Norton ConnectSafe

Norton ConnectSafe merupakan layanan DNS gratis yang bisa secara otomatis memblokir akses ke suatu situs web yang menipu, malware, penuh phishing dan juga secara opsional dapat memfilter situs yang berdasarkan dengan konten.

Ini juga merupakan DNS publik yang bagus selain Comodo dan OpenDNS, yang mana ini bisa melakukan hal yang serupa atau sama – namun ConnectSafe mempunyai satu keuntungan yang penting. Dibutuhkan datanya dari Norton Safe Web, database komprehensif mengenai lebih dari 50 juta situs web yanga da dalam 23 bahasa. Layanan yang satu ini mungkin akan memberikan kinerja pemfilteran web yang paling baik dibandingkan dengan yang lainnya, serta kemampuannya untuk memperolehnya secara gratis, tanpa perlu menginstall perangkat luna apapun yang juga menjadi nilai tambah keamanan utama.

Nah, itulah tadi beberapa server DNS publik yang paling aman dan juga cepat yang perlu kamu ketahui. Kamu tentunya bisa memilih untuk menggunakan server DNS publik yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Check Also

Cache Enabler

5 Rekomendasi Plugin Cache Terbaik untuk Percepat Situs WordPress!

Bagi kamu yang menggunakan WordPress, plugin cache menjadi salah satu plugin yang wajib untuk kamu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EBOOK GRATIS!

Dibongkar tuntas, rahasia para mastah menghasilkan puluhan hingga ratusan juta dari affiliate

Cek detail ebook dulu… klik disini

GRATIS!

Ebook ini bisa tuntun kamu miliki BRAND yang kuat – mudah untuk jualan – mudah dapatkan follower

mockup ebook panduan brand dikenal orang

Download sekarang juga. Gratis!

DIBONGKAR RAHASIA PARA MASTAH BER-BISNIS AFFILIATE

super affiliate e1522321658510
  • Mengapa bisnis ini menjadi favorit para pebisnis online
  • Tools apa saja yang mereka gunakan
  • Skill yang mesti kamu tahu untuk bisnis affiliasi ini
  • Bagaimana menciptakan "GIFT" untuk kumpulkan data
  • Traffic yang jadi andalan untuk jaring list email
  • Serta tips dan trik lainnya

Download Segera Sebelum Halaman Ini Saya Hapus!!

Bisnis affiliate hampir dilakukan oleh semua pebisnis online. Ebook ini akan bocorkan rahasia mengapa mereka dapatkan income puluhan juta bahkan ratusan juta dalam satu tahun

  • Sama seperti Anda, saya juga tidak menyukai SPAM. Data email Anda aman bersama Tim JuraganOnline