Home / Tips dan Trik / 5 Kemampuan Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Blogger Pemula!
5 Kemampuan Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Blogger Pemula
Image by Sophie Janotta from Pixabay

5 Kemampuan Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Blogger Pemula!

Saat ini banyak kita jumpai orang-orang disekitar kita yang berprofesi sebagai blogger. Memang profesi ini semakin hari semakin banyak digemari oleh masyarakat. Beberapa penyebab seseorang tertarik menjadi blogger adalah karena selain bisa mendapatkan penghasilan dari profesi ini, kamu juga bisa menjadi populer melalui aplikasi web ini. Eksistensi para blogger semakin hari kian meningkat apalagi didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih seperti saat ini.

Dari hal-hal yang telah disebutkan diataslah mengapa banyak orang-orang yang tertarik untuk menekuni profesi blogger. Tetapi, sebelum kamu menjadi blogger tentunya kamu perlu mengetahui bahwa para blogger memang dituntut untuk memiliki beberapa kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk mengatarkannya kepada jalur kesuksesan. Berikut beberapa kemampuan dasar yang perlu kamu miliki sebagai blogger pemula.

  1. Memiliki Ilmu Desain

Mengapa seorang blogger harus memiliki ilmu desain? Seorang blogger memerlukan ilmu desain agar dapat melengkapi tulisan yang dia buat dengan gambar-gambar didalamnya sehingga tulisan tersebut menjadi lebih menarik. Gambar yang ditampilkan pun harus semenarik mungkin agar para pembaca selalu tertarik untuk mengunjungi website yang kamu kelola.

Gambaran yang menarik juga dibutuhkan sebagai tampilan header dari blog yang kamu buat. Untuk membuat tampilan blog atau tulisan yang menarik inilah mengapa kamu memerulkan ilmu desain sebagai kemampuan dasar yang harus kamu miliki.

  1. Memiliki Ilmu Coding (pemrograman)

Pernah mendengar ilmu coding sebelumnya? Dalam dunia komputer, ilmu coding merupakan ilmu yang digunakan untuk menerjemahkan suatu logika ke dalam bahasa pemrograman komputer.

Sedangkan dalam dunia blog, ilmu coding dibutuhkan untuk mengatur serta menyesuaikan template yang akan kamu gunakan pada blog kamu nantinya. Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa untuk mengatur atau menyesuaikan template pada blog membutuhkan ilmu coding? Hal ini karena pada saat kamu melakukan proses pengaturan dan menyesuikan atau mengatur template blog ini, kamu juga perlu mengatur code-code dalam pengaturan tersebut agar tampilan blog kamu jadi lebih menarik untuk dilihat.

  1. Memiliki Ilmu Komunikasi dan Sosial

Kamu tentunya mengetahui bahwa seorang blogger dituntut untuk selalu menjalin hubungan baik dengan banyak orang, baik itu pemabaca blog-nya, antara sesama blogger ataupun orang-orang yang berada disekitar lingkungannya. Untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang tersebut tentunya kamu membutuhkan kemampuan untuk bersosial dan berkomunikasi dengan baik.

Kamu bukan hanya harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara online misalnya melalui chatting atau komentar via blog, tetapi kamu juga harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara langsung dengan baik. Kemampuan komunikasi dan bersosial ini dibutuhkan untuk mendapatkan teman sesama blogger yang akan membantu perkembangan blog yang kamu miliki kedepannya.

  1. Ilmu Manajemen Bisnis

Kemampuan dasar berikutnya yang harus dimiliki oleh seorang blogger adalah ilmu manajemen bisnis. Ilmu manajemen bisnis ini dibutuhkan untuk menggunakan hosting serta domain yang sifatnya berbayar atau bahkan menggunakan template yang berbayar. Itulah mengapa para blogger pemula juga harus mengerti mengenai ilmu manajemen bisnis karena anda akan dituntut untuk menghitung dengan baik biaya pengeluaran yang harus anda bayar ketika menggunakan hosting atau domain dan template yang berbayar.

Biaya hosting atau domain dan template yang berbayar tentunya akan lebih menyenangkan jika kamu bisa membayarnya menggunakan penghasilan dari blog kamu sendiri. Oleh sebab itu, kamu perlu menghitung dengan benar mengenai pengeluaran dari biaya-biaya tersebut serta pemasukan yang kamu dapatkan.

 

  1. Ilmu Penulisan dan Jurnalistik

Yang terakhir adalah ilmu penulisan dan jurnalistik. Tentunya kamu tau mengapa ilmu ini harus dimiliki oleh seorang blogger. Ilmu ini akan kamu butuhkan ketika kamu harus membuat konten untuk blog kamu atau memperbarui isi blog kamu dengan menulis sebuah artikel.

Sebuah blog yang tidak memiliki artikel atau konten didalamnya merupakan sebuah blog yang mati. Itulah mengapa kamu perlu memiliki kemampuan ilmu penulisan dan jurnalistik.

Itulah 5 kemampuan dasar yang harus kamu miliki sebagai blogger pemula. Menjadii blogger juga tentunya bukanlah pekerjaan yang mudah, oleh sebab itu jangan cepat menyerah dan selalu keluarkan ide-ide kreatifmu untuk mengisi konten blog kamu.

Check Also

Hal Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Dari VPN

Hal-Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Dari VPN!

Apa itu VPN? VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. Pembuatan VPN ditujukan untuk menghubungkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *