Home / Tips dan Trik / 4 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet Handphone Kamu!
4 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet Handphone Kamu
Image by Thomas Ulrich from Pixabay

4 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet Handphone Kamu!

Salah satu cara untuk meminimalisir penggunaan kuota di smartphone adalah dengan mengurangi penggunaan sosial media pada smartphone. Tetapi, hal ini tentunya tidak mudah apalagi bagi kamu yang sering bermain sosial media sehari-harinya.

Terkadang kita sadar bahwa kita menggunakan kuota dengan sangat boros, lalu berfikir bagaimana cara agar kita dapat lebih berhemat dalam menggunakan kuota internet tanpa mengurangi penggunaan aplikasi yang ada pada smartphone.
Menghemat kuota internet tentunya juga penting agar tidak terjadi pemborosan keuangan. Apalagi bagi seorang profesional yang sehari-harinya membutuhkan koneksi internet tentu perlu mengetahui bagaimana cara menghemat kuota internet agar tidak terjadi pemborosan.

Berikut 4 cara jitu yang dapat kamu lakukan untuk menghemat penggunaan kuota internet kamu.

1. Update Aplikasi Hanya Saat Terhubung Dengan Wi-Fi

Salah satu cara untuk menghemat kuota internet yang pertama adalah dengan meng-update aplikasi smartphone hanya saat terhubung dengan Wi-Fi. Cara ini terbukti dapat menghemat kuota internet kamu loh.
Kamu dapat mencegah aplikasi untuk melakukan pembaruan secara otomatis dengan merubah sedikit pengaturan yang terdapat pada smartphone kamu, yaitu:
1. Buka PlayStore
2. Tap menu dengan ikon tiga garis disebelah kiri
3. Pilih setelan
4. Pilih “Preferensi download aplikasi”
5. Pilih “Melalui Wi-Fi saja”

Dengan mengubah peraturan seperti cara diatas maka aplikasi yang ada pada smartphone anda hanya akan ter-update saat terhubung dengan Wi-Fi saja, dengan begitu anda dapat menghemat kuota internet lebih banyak.

2. Menggunakan Browser Yang Hemat Data Untuk Browsing

Saat kita ingin mencari sesuatu melalui internet tentunya kita akan menggunakan browser. Ternyata tidak semua browser yang kita gunakan dapat menghemat data loh, ada beberapa browser yang ternyata menghabiskan lebih banyak data saat digunakan untuk membuka halaman website.

Untuk menghemat penggunaan kuota internet tentunya kamu harus mengganti aplikasi browser kamu dengan menggunakan aplikasi browser yang lebih efisien seperti Opera Mini atau Google Chrome.
Apabila anda menggunakan Google Chrome, anda dapat mengubah pengaturan seperti cara dibawah ini agar aplikasi browser anda bisa lebih menghemat penggunaan data internet. Caranya yaitu:
1. Buka Google Chrome
2. Tekan ikon tiga titik disebelah kanan atas
3. Pilih setelan
4. Lalu pilih “Mode ringan”
5. Aktifkan mode hemat data
Tetapi, jika anda menggunakan browser Opera Mini, anda tidak perlu lagi mengubah pengaturan yang berada didalamnya karena pada dasarnya Opera Mini sangat efektif untuk menghemat penggunaan kuota internet.

3. Menghapus Aplikasi Yang Menyebabkan Borosnya Kuota Internet

Cara berikutnya untuk menghemat penggunaan kuota internet adalah dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang menghabiskan banyak kuota internet. Salah satu aplikasi yang boros dalam penggunaan kuota internet tetapi digunakan oleh banyak orang adalah Facebook.

Aplikasi Facebook memang banyak digunakan dan dibutuhkan oleh orang-orang, apalagi bagi mereka yang mempunyai online shop di facebook. Tetapi, bagi anda yang menggunakan aplikasi Facebook hanya untuk bermain-main saja, sebaiknya segera uninstall aplikasi ini, selain data internet, menggunakan Facebook juga dapat menyebabkan baterai menjadi lebih boros.
Cara lain bagi kamu yang ingin tetap menggunakan Facebook adalah dengan menggunakan Facebook Lite. Kamu dapat membuka Facebook Lite dari browser seperti Google Chrome ataupun Opera Mini sehingga penggunaan data menjadi lebih hemat.

4. Mengubah Pengaturan Pada Aplikasi Whatsapp Bagi Kamu Yang Menggunakannya
Bagi kamu yang menggunakan WhatsApp dan terpikir bagaimana cara agar dapat menghemat penggunaan data internet tanpa menghapus aplikasi tersebut, ada cara yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mengubah pengaturan yang berada didalam WhatsApp.

Cara mengubah pengaturan yang berada didalam WhatsApp agar dapat menghemat penggunaan data internet yaitu:
1. Buka WhatsApp
2. Tekan menu dengan ikon tiga garis disebelah kanan atas
3. Pilih setelan
4. Pilih “Penggunaan data dan penyimpanan”
5. Pilih “Saat menggunakan data seluler” pastikan semua kolom tidak dicentang
6. Pilih oke
Ini berarti media apapun yang dikirim ke WhatsApp anda tidak akan diunduh ke smartphone anda. Tidak hanya menghemat data internet, cara ini juga dapat menghemat penggunaan space memori smartphone kamu.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat penggunaan kuota internet di handphone kamu. Anda tidak perlu melakukan semua cara-cara tersebut, pilihlah cara yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan aplikasi smartphone yang anda gunakan.

Check Also

Cache Enabler

5 Rekomendasi Plugin Cache Terbaik untuk Percepat Situs WordPress!

Bagi kamu yang menggunakan WordPress, plugin cache menjadi salah satu plugin yang wajib untuk kamu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EBOOK GRATIS!

Dibongkar tuntas, rahasia para mastah menghasilkan puluhan hingga ratusan juta dari affiliate

Cek detail ebook dulu… klik disini

GRATIS!

Ebook ini bisa tuntun kamu miliki BRAND yang kuat – mudah untuk jualan – mudah dapatkan follower

mockup ebook panduan brand dikenal orang

Download sekarang juga. Gratis!

DIBONGKAR RAHASIA PARA MASTAH BER-BISNIS AFFILIATE

super affiliate e1522321658510
  • Mengapa bisnis ini menjadi favorit para pebisnis online
  • Tools apa saja yang mereka gunakan
  • Skill yang mesti kamu tahu untuk bisnis affiliasi ini
  • Bagaimana menciptakan "GIFT" untuk kumpulkan data
  • Traffic yang jadi andalan untuk jaring list email
  • Serta tips dan trik lainnya

Download Segera Sebelum Halaman Ini Saya Hapus!!

Bisnis affiliate hampir dilakukan oleh semua pebisnis online. Ebook ini akan bocorkan rahasia mengapa mereka dapatkan income puluhan juta bahkan ratusan juta dalam satu tahun

  • Sama seperti Anda, saya juga tidak menyukai SPAM. Data email Anda aman bersama Tim JuraganOnline