Home / Tips dan Trik / 4 Cara Ampuh Yang Membuat Koneksi Internet 3G Menjadi Lebih Cepat!
4 Cara Ampuh Yang Membuat Koneksi Internet 3G Menjadi Lebih Cepat

4 Cara Ampuh Yang Membuat Koneksi Internet 3G Menjadi Lebih Cepat!

Walaupun saat ini telah ada jaringan 4G LTE yang menawarkan kecepatan untuk mengakses mengakses internet dengan cukup cepat dan lebih baik, tetapi tetap saja jaringan pendahulunya internet 3G tetap dibutuhkan oleh beberapa pihak masyarakat. Perlu diketahui bahwa persebaran jaringan 4G LTE saat ini masih belum merata. Kondisi ini membuat jaringan 3G saat ini masih memiliki persentase terbesar dalam konsumsi data yang berada di Indonesia.

Walaupun kecepatan untuk mengakses internet jaringan 3G masih berada di bawah 4G LTE, tetapi kamu tidak perlu khawatir lagi karena terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat koneksi 3G menjadi lebih cepat dan lebih kencang. Bagi kamu yang ingin membuat kecepatan internet 3G menjadi lebih cepat, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan pada perangkat Android yang kamu gunakan.

  1. Membersihkan Cache pada perangkat Android yang kamu gunakan

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk membuat jaringan 3G menjadi lebih cepat pada perangkat Android kamu yaitu dengan membersihkan cache di Smartphone yang kamu gunakan. Cache merupakan folder file sementara internet yang didalamnya berisi file dari beberapa website yang telah kamu kunjungi sebelumnya. Jika kamu sudah lama melakukan aktivitas browsing maka cache ini akan semakin menumpuk. Nah efek yang ditimbulkan dari keberadaan cache yang terlalu banyak ini akan berpengaruh kepada kecepatan jaringan 3G smartphone Android yang akan semakin lambat.

Oleh sebab itu, agar kecepatan jaringan 3G yang kamu gunakan menjadi lebih cepat kamu dapat menghapus seluruh cache pada smartphone kamu. Cara yang dapat kamu lakukan untuk menghapus chace ini adalah dengan menuju menu pengaturan kemudian pilih application. Setelah itu, bersihkan chace yang terdapat pada aplikasi yang telah kamu pilih dan tekan clear chace.

  1. Mengganti pilihan modus jaringan yang digunakan

Selanjutnya cara yang dapat digunakan untuk membuat koneksi internet 3G menjadi lebih cepat adalah dengan mengganti pilihan modus jaringan yang digunakan pada smartphone kamu. Biasanya di dalam perangkat smartphone Android terdapat penggantian pilihan modus jaringan yang dapat dilakukan dengan cara memilih jaringan yang tepat. Biasanya kamu dapat menemukan beberapa pilihan seperti 2G/GSM dan 3G/WCDMA, tetapi kamu juga dapat memilih keduanya dengan menggunakan sistem otomatisasi.

Tetapi sebelum melakukan cara ini, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi jaringan di lokasi kamu berada. Pastikan terlebih dahulu bahwa jaringan yang kamu pilih telah sesuai dengan kondisi sinyal terbaik yang ada di lokasi kamu tersebut. Jika kamu memaksakan smartphone yang kamu gunakan untuk menangkap jaringan 3G pada lokasi yang sinyalnya sedikit, maka cara tersebut akan menjadi percuma.

  1. Menonaktifkan pemuatan gambar pada peramban

Salah satu faktor yang menyebabkan lambatnya proses pemuatan sebuah situs pada jaringan internet 3G adalah adanya gambar yang terdapat pada situs yang kamu buka tersebut. Oleh sebab itu, agar¬† jaringan 3G yang kamu gunakan menjadi lebih cepat, maka kamu dapat menonaktifkan pemuatan gambar yang ada pada peramban. Kamu dapat menjadikan peramban berada dalam mode ‘Text Only’.

Cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat peramban berada pada mode ‘Text Only’ yaitu dengan mengganti mode yang terdapat pada menu pengaturan peramban. Ketika kamu sudah menggunakan mode ‘Text Only’ maka peramban hanya dapat mengakses tulisan tanpa gambar sehingga dapat dipastikan bahwa kecepatan jaringan 3G yang kamu gunakan akan menjadi lebih cepat.

  1. Booster internet 3G dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga

Kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk membuat koneksi internet 3G yang kamu gunakan menjadi lebih cepat. salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mempercepat jaringan 3G adalah dengan menggunakan aplikasi Opera max. Jika kamu menggunakan aplikasi Opera max maka jalur lalu lintas 3G akan menjadi lebih optimal. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk menghemat kuota internet.

Selain aplikasi Opera max, bagi kamu yang sering menggunakan Facebook, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Facebook lite yang dapat mempercepat jaringan 3G yang kamu gunakan saat menggunakan Facebook. Dengan menggunakan aplikasi Facebook lite, maka kuota internet yang kamu keluarkan juga tidak banyak seperti saat menggunakan aplikasi Facebook yang biasanya.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk membuat jaringan 3G yang kamu gunakan menjadi lebih cepat. Semoga bermanfaat!

Check Also

Menelusuri Platform Blogging Yang Populer Antara Tumblr Vs Medium

Menelusuri Platform Blogging Yang Populer Antara Tumblr Vs Medium

Bagi kamu yang sering membuat blog tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya Platform Blogging. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *