Home / Wordpress / 10 Plugin Yang Wajib Anda Instal Kedalam WordPress Anda

10 Plugin Yang Wajib Anda Instal Kedalam WordPress Anda

Platform WordPress adalah salah satu platform yang terbaik di mana wordPress bisa kita kustomisasi seperti yang kita mau.

Selain mudah dalam penggunaan untuk pemula sekalipun, wordPress juga memiliki banyak sekali keunggulan dimana kita bisa menambahkan fitur-fitur kita inginkan. Jika Anda adalah salah satu user dari WordPress yang ingin agar wordPress blog Anda disenangi oleh Google, disenangi oleh visitor, bekerja dengan optimal, dan memiliki penampilan yang menarik, maka menggunakan plugin adalah jawabannya.

Artikel ini akan merilis 10 plugin yang wajib Anda install di dalam WordPress Anda.
Oh iya jika Anda pemula dengan menggunakan wordpress ini, disini ada tutorial lengkapnya.

=> Tutorial Lengkap WordPress

  1. Jetpack by WordPress.com

Merupakan salah satu plugin terbaik yang di developing oleh Automatic. Salah satu kegunaan nya ialah plugin ini mengintegrasikan blog WordPress self-hosted kita dengan jaringan wordpress.com.

  • Fitur lainnya yang bermanfaat ialah :
    Tombol like dan share ke sosial media
    Otomatis share ke sosial media
    Statistik
    Langganan via email
    Form contact
    Dan lain-lain
  1. WordPress Seo by Yoast

Plugin ini adalah salah satu plugin gratis terbaik yang membantu performa wordPress kita agar ramah terhadap mesin pencari baik itu Google, Yahoo ataupun Bing. Hampir semua teknik SEO onpage bisa kita kerjakan dengan menggunakan plugin ini.

Fiturnya diantaranya ialah :
Title Tag
Meta description
Edit HTaccses $ robot.txt
Membuat site Map
Dan lain-lain

Untuk tutorial cara setting plugin ini klik link berikut:
=> Tutorial Setting Plugin SEO by Yoast

  1. W3 Total Cache

Plugin ini akan memaksimalkan cache pada website anda agar supaya website Anda dapat di load dengan cepat. Fungsi lainnya ialah plugin ini bisa mengkompres kode html ataupun kode lain sehingga size lebih kecil. Baik Google ataupun mesin pencari lain dan pengunjung akan lebih menyukai website anda karena loading cepat saat diakses.

  1. WP Smush It

Ini adalah salah satu produk yang terbaik dalam mengkompres sebuah gambar. Kita bisa menyeting agar gambar akan terkompres secara otomatis setiap kali kita menguploadnya ke WordPress.

Bagaimana jika website sebelumnya sudah memiliki banyak gambar, jangan khawatir plugin ini pun bisa mengompres gambar secara bulk/banyak sekaligus dan bisa dilakukan secara manual.

  1. Akismet

Plugin Akismet adalah plugin bawaan dari WordPress yang mana sudah terupload secara otomatis begitu kita menginstal CMS WordPress. Plugin ini sangat akurat karena dapat menyaring komentar yang sifatnya spam. Untuk dapat menggunakan plugin ini kita harus memasukkan API key yang bisa kita dapatkan setelah membuat akun akismet secara gratis.

  1. WP optimize

Plugin ini memiliki manfaat yang besar di mana dia dapat membersihkan data data tidak penting pada database yang dihasil secara otomatis oleh wordpress kita, seperti misalnya komentar spam, auto drag ataupun post revision dan lain-lain. Tentu saja hal ini akan membantu menghemat source database website kita.

Kita  bisa melakukannya secara otomatis dengan menyeting penjadwalan, ataupun kita bisa lakukan dengan cara manual.

  1. Broken Link Checker

Plugin ini akan mengecek secara otomatis link-link yang ada di dalam website Anda yang telah rusak atau link yang menuju ke halaman yang tidak ada. Jika website anda memiliki banyak broken link ini, maka tentu saja akan mempengaruhi kinerja dari website itu sendiri dan menurunkan performa seo website kita. Oleh karena itu pastikan anda menginstal plugin broken link Checker.

  1. Ithemes Security

Plugin ini bersifat keamanan untuk situs WordPress anda. WordPress Anda akan terlindung dari serangan orang-orang yang di mana mereka berusaha menyelinap masuk ke dalam wordPress admin ataupun control panel dari hosting anda. Serangan yang ditangkal oleh plugin ini bisa berupa brute Force, SQL injection, shell,DDos dan lain lain.

  1. Website Sitemap Page

Plugin ini akan membuat sitemap pada blog anda. Sitemap yang dihasilkan adalah untuk pembaca blog Anda, mirip seperti daftar isi. Tentu saja ini akan meningkatkan performa dari WordPress blog anda. Caranya cukup mudah dalam menggunakan plugin ini, yaitu cukup dengan copas shortcode yang dihasilkan mungkin ini.

  1. Form Contact 7

Dalam sebuah website seyogyanya memiliki form kontak. Form kontak ini digunakan untuk pengunjung website anda menghubungi anda melalui form ini. Form contact 7 dapat juga berfungsi untuk konfirmasi pembayaran dan fungsi-fungsi lainnya.

Tutorial lengkap setting plugin ini disini

=> Setting plugin Form Contact 7

Itulah 10 plugin gratis yang sebaiknya anda instal ke dalam WordPress anda. Semoga bermanfaat.


Check Also

featured image juragan online

Trik Sederhana Optimasi Blog WordPress Agar Meranking di Google

Kali ini kita akan membahas Bagaimana membuat sebuah website berbasis CMS WordPress agar bisa bercokol …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *