Home / Wordpress / 10 Hal Yang Wajib Anda Lakukan Agar Website WordPress Anda Cepat Saat di Akses

10 Hal Yang Wajib Anda Lakukan Agar Website WordPress Anda Cepat Saat di Akses

Website yang baik salah satunya adalah website yang cepat saat diakses. WordPress adalah salah satu platform yang paling direkomendasikan untuk digunakan. Apalagi jika kita menggunakan toko online, maka ini adalah hal yang tidak boleh diabaikan.

Website yang cepat diakses (waktu singkat yang diperlukan untuk ter-loading sempurna sebuah website) adalah keuntungan bagi kita si empunya website. Mengapa ? karena tentu saja mesin pencari seperti Google dan lain lain senang dengan blog kita (SEO friendly) dan tentu saja pengunjung website pun senang karena website sangat cepat diakses baik via desktop ataupun mobile.

Ada beberapa hal yang mesti kita lakukan jika ingin blog wordpress kita cepat saat diakses. Artikel ini akan membahas hal-hal apa saja yang mesti kita lakukan.

  1. Gunakan Hosting Yang Terpercaya

Hosting adalah tempat dimana website kita akan ditanam. Hosting tidak bisa dibantah tingkat urgent-nya dalam sebuah website. Meskipun website kita sudah sangat ringan dan memenuhi syarat dikatakan website yang cepat diakses, namun jika kita salah memilih hosting maka semuanya menjadi sia-sia.

Berdasarkan pengalaman saya hingga detik ini selalu menggunakan Hosting HawkHost yaitu hosting dari luar. Dengan harga relatif murah dan memiliki kehAndalan yang dapat dipercaya. Ingin mencoba Hawkhost silahkan klik link berikut Hosting Terbaik Hawkhost.

  1. Theme WordPress Yang Ringan

Poin kedua yang mesti Anda perhatikan ialah theme wordpress yang Anda gunakan. Pastikan theme yang Anda gunakan ringan sehingga membantu website Anda saat diakses tidak lambat. Ada banyak theme gratisan ataupun premium yang ringan.

  1. Install Plugin Cache

Pastikan wordpress Anda terinstall plugin cache. Ada banyak plugin jenis ini seperti W3 Total Cache atau WP Super Cache. Tutorial cara penggunaan plugin ini sudah pernah saya bahas di artikel lain cara setting plugin WP Super Cache.

Baca : Cara Mempercepat Loading Website 

 

  1. Gambar Yang Terkompresi

Gambar adalah salah satu konten yang disukai pengunjung website Anda. Dengan gambar akan membantu dalam penyampaian apa yang kita tulis. Namun akan menjadi masalah jika gambar yang disertakan berukuran cukup besar, belum lagi kuantitas gambar yang terus bertambah. Maka dari itu sebaiknya gunakan plugin yang berfungsi untuk kompress ukuran gambar menjadi lebih kecil dan kompres gambar dilakukan secara otomatis. Salah satu plugin yang saya rekomendasikan adalah plugin WP Smushit.

  1. Database Yang Teroptimalkan

Maksudnya ialah bahwa database WordPress kita akan selalu menyimpan hal-hal sebelumnya yang pernah kita lakukan dengan WordPress kita, seperti misalnya spam, history revisi, draft, tabel dan lain-lain. Jika ini kita biarkan maka akan membebani overhead dari tabel database kita. Maka dari itu kita bisa menggunakan plugin WP optimize yang memungkinkan untuk mengerjakan semuanya itu yaitu untuk mengoptimalkan database WordPress Anda.

  1. Nonaktifkan Hotlinking dan Leeching konten WordPress Anda

Hotlinking adalah suatu proses dimana website lain memberikan link langsung ke gambar di website kita sehingga tentu saja membebani server kita.

 

  1. Menambahkan Expires Header Dengan Static Resources

Expires header adalah salah satu cara untuk membatasi waktu jeda lebih jauh antara pengunjung saat ini dengan pengunjung berikutnya sehingga content statis dari website kita tidak perlu di load/dipanggil ulang pulang. Contoh file nya seperti CSS JavaScript gambar dan lain-lain.

  1. Menonaktifkan Pingbacks dan Trackbacks

Bawaan dari WordPress kedua fitur ini akan aktif dengan sendirinya oleh karena itu perlu kita nonaktifkan untuk meningkatkan performa dari website WordPress.

Ada menu Settings > Discussion lalu unchek pada pilihan Allow link notification from other blogs (pingbacks and trackbacks)

 

  1. Menggunakan CDN Cloudflare

CDN Cloudflare adalah salah satu jaringan pengiriman konten dan layanan domain name server yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dari website Anda. Mengapa saya Sebutkan Cloud flare di sini karena cloudflare memiliki fitur gratis yang patut Anda coba.

  1. Maksimalkan Gambar Dengan Plugin Lazy Load

Plugin ini memberikan efek website Anda akan sangat cepat diakses karena cara bekerjanya hanya menampilkan gambar yang memang sudah terlihat di browser pengunjung saja, sedangkan gambar yang belum terlihat tidak akan di load pada website yang kita akses.

Jika pengunjung sudah mulai Scroll ke bawah maka gambar-gambar selanjutnya yang baru terlihat, baru akan terlihat (ter-load) oleh pengunjung.

Baca : 5 Plugin Terbaik Yang Akan Mempercepat Loading WordPress Anda

Itulah 10 hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat website Anda diakses. Semoga artikel ini bermanfaat.


Check Also

featured image juragan online

Trik Sederhana Optimasi Blog WordPress Agar Meranking di Google

Kali ini kita akan membahas Bagaimana membuat sebuah website berbasis CMS WordPress agar bisa bercokol …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *