img
Home / List Building / Praktek Membuat Autoresponder

Praktek Membuat Autoresponder

/
/
44 Views

Didalam list building akan ada proses pengumpulan data berupa email yang kemudian data email ini kita maksimalkan untuk bisa menjadi sumber pendapatan/income dikemudian hari. Nah dalam proses ini kita akan memberikan email secara berkala dan konsisten dimana email itu nantinya akan ada proses edukasi produk, promosi produk, penawaran produk dan lain lain. Keseluruhan proses didalam email ini mulai dari pengumpulan data email hingga memberikan penawaran dan terjadi konversi atau penjualan disebut dengan email marketing.

Jadi ada teknik-teknik tertentu dalam melakukan proses email marketing ini, baik itu email berseri, Bahasa promosi dalam email, penulisan email, kapan email dikirim dan lain lain.

Pada tahap ini kita memerlukan yang namanya autoresponder. Autoresponder inilah yang nantinya bertugas untuk memanajemen data list email kita. Disini kita juga akan melakukan penjadwalan sejumlah email, mengirimkan email secara otomatis, melakukan broadcast email saat itu juga, melakukan segmentasi dan lain lain.

Sebagai langkah awal silahkan mendaftar di autoresponder lokal yang saya rekomendasikan. Silahkan klik disini. Ikuti saja langkah-langkahnya hingga selesai. Jika sudah mendaftar  kita akan mulai melakukan setting email dari awal. Contoh yang saya berikan disini adalah proses keseluruhan dalam membangun list dengan memberikan Lead Magnet dan menggunakan konsep double optin yaitu proses verifikasi email dengan mengajak visitor meng-klik link konfirmasi yang dikirimkan ke email yang mereka gunakan/daftarkan, setelah itu lead magnet yang dijanjikan dikirimkan setelah link konfirmasi di-klik.

 

Gambar diatas adalah tampilan saat kita login ke member area. Setelah login di dashboard member area Kirim.Email, klik tombol Go To Application.

 

 

Setelah itu akan tampil jendela baru seperti gambar diatas. Pertama-tama silahkan klik link List setelah itu klik tombol New List.

 

 

Silahkan diisi dengan Nama list yang anda inginkan, misalnya “Buyer Produk Facebook”, untuk kolom public name samakan saja isinya. Setelah selesai klik tombol Submit.

 

 

Setelah itu kini kita akan membuat email konfirmasi yang nantinya email ini akan terkirim otomatis yang berisi link konfirmasi. Email ini akan terkirim ke email yang didaftarkan.

Untuk membuatnya silahkan klik tombol Confirmation Email setelah itu klik tombol New Confirmation Email.

 

 

 

Akan tampil jendela seperti diatas. Silahkan isi kolom Name sesuai dengan list yang kita inginkan agar tidak bingung. Lalu pilih email pengirim yang berfungsi memberikan informasi siapa pengirim email ini. Lalu subject atau judul email contohnya “Respon anda diperlukan”.

Didalam isi template email diatas terdapat link “konfirmasi”. Tinggal kita sedikit tambahkan kata pembuka dan kata penutup. Contoh :

Seseorang baru saja menggunakan email Anda untuk mendaftar di newsletter saya. Jika Anda tidak merasa mendaftar silahkan abaikan email ini.

Jika memang Anda yang mendaftar silahkan klik link konfirmasi berikut ini :

LINK KONFIRMASI

Regards,

Hery Cahyand

Internet Marketer

Itu sedikit contoh dalam email konfirmasi yang saya gunakan.

 

Setelah selesai membuat nama list, kini kita akan membuat form optinnya. Silahkan klik link Forms lalu klik tombol New Form.

 

 

Sampai sini kita bisa mengisi nama Form (sebaiknya sesuaikan dengan nama list yang akan dibuat), lalu pilih dengan cara mencentang pada list yang diinginkan. Setelah itu klik tombol Create Form.

 

 

Sampai tahap ini kita akan menyeting lebih dalam lagi. Disini akan ada 3 tab menu Form, Post Signup dan Confirmtaion Settings.

Kita masuk dahulu ke menu tab Form, disini ada dua bagian. Bagian kanan adalah kolom isian yang kita inginkan dan sisi kanan adalah preview tampilan dari hasil pengaturan disisi kiri. Silahkan diisi sesuai yang diinginkan. Dan bagian bawah sisi kiri adalah field/kolom yang kita ingin tambahkan jika ingin menambahkan data lain selain nama dan email. Setelah selesai setting di sisi ini, silahkan klik tab menu Post Signup.

 

 

Pada tab menu Post Signup ada beberapa item yang bisa kita atur. Pada bagian Sign Up, menu Action kita bisa mengatur apakah begitu visitor daftar, sistem langsung memberikan pesan yang kita setting disini juga, atau dialihkan ke halaman lain yang sudah kita siapkan sebelumnya.

Pada bagian bawah yaitu Confirmed, setingan ini dijalankan saat visitor melakukan klik link konfirmasi. Kolom Action bisa kita pilih show message atau visitor langsung dialihkan ke halaman lain yang sudah dipersiapakan. Jika telah selesai setingan dihalaman ini, kita bisa pindah ke menu tab selanjutnya.

Pada halaman ini kita melakukan setingan lebih lanjut. Pada menu Use predefined confirmation email, silahkan pilih Confirmation Email yang telah kita buat sebelumnya. Setelah semuanya selesai silahkan aktifkan tombol OFF merah disudut atas menjadi ON lalu klik tombol Save.

Setelah kita save kita kembali ke tab menu Hosted, Javascript, HTML dan Iframe. Ini adalah menu pilihan bagaimana kita akan menampilkan form optin ini di website kita. Sebagai contoh kita akan memilih Hosted saja. Jadi di website kita memberikan promosi lead magnet kita disertai ajakan kepada visitor untuk meng-klik link tersebut.

Setingan kita belum selesai, kini kita akan membuat autoresponder atau sederet email otomatis yang telah kita konsep sebelumnya. Umunya email pertama adalah email yang berisi link download lead magnet yang kita janjikan. Jadi sebelumnya lead magnet (contoh kali ini adalah ebook) yang sudah saya siapkan sebelumnya saya upload terlebih dahulu ke server Mediafire, lalu link downloadnya saya copy ke dalam email email autoresponder pertama.

Setelah visitor melakukan konfirmasi dengan meng-klik link konfirmasi yang dikirimkan, maka otomatis kita mengirimkan email berseri berikutnya. Konten email ini bisa berupa link download yang dijanjikan atau konten edukasi lainnya.

Caranya cukup mudah jika menggunakan KIRIM.EMAIL ini. Cukup klik link Autoresponders, lalu klik tombol New Autoresponder maka kita akan dibawa ke halaman baru.

Kotak merah sebelah kiri adalah draft email yang tersusun dan tentu saja masih kosong. Kita cukup mengisi dengan konten email yang kita inginkan. Kita juga bisa menambahkan sebanyak yang kita inginkan konten email tersebut. Anggap saja dari atas kita anggap email pertama, kedua dan seterusnya. Kita bisa merubah urutan email tersebut dengan cukup drag & drop. Lalu dari masing-masing email tersebut kita setting kapan email tersebut dikirimkan. Apakah ingin dikirimkan 1 hari setelah email pertama, lalu email kedua dikirimkan 3 hari setelah email pertama dikirimkan dan seterusnya dan seterusnya.

Setelah seluruh email berseri kita setting dengan sempurna dan sesuai dengan yang diinginkan. Kini silahkan klik tombol merah pucat Setting. Disini kita mengatur/menyetting autoresponder, seperti meng-aktifkan statusnya, lalu memberi nama keseluruhan autoresponder tersebut, email sender, dan memilih list email yang akan dikirimkan email berseri ini. Setelah selesai semua jangan lupa klik tombol Ssave All.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

BINGUNG MAU MULAI DARI MANA ?

Segera bergabung di grup Facebook, belajar bisnis online untuk pemula, dari tingkat Basic hingga Advance. Sekarang atau tidak sama sekali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text
mastering bisnis online
mastering super affiliate
GRATIS!!Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

GRATIS!!
Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

Bongkar Tuntas Bagaimana Para Mastah Jalankan Bisnis Affiliasi Lokal


Powered by Kirim.Email

You have Successfully Subscribed!