img
Home / General / Panduan Lengkap Membuat Postingan di WordPress

Panduan Lengkap Membuat Postingan di WordPress

/
/
185 Views

Kita akan membahas cara membuat postingan di WordPress, lengkap dengan segala tools atau fitur yang disediakan di halaman editor. Halaman posting adalah salah satu fitur yang akan sering sekali kita akses. Jadi alangkah baiknya jika Anda menguasainya sehingga dapat dimaksimalkan.

Setelah kita login ke admin area lalu masuk ke menu Post > Add new. Di sana kita akan dihadapkan dengan satu halaman penuh yang lengkap dengan segala menu yang diperlukan.

 1 . Post Title
Pada bagian paling atas yaitu post title. Pada bagian ini kita mengetikkan judul artikel yang kita inginkan. Dilanjutkan pada bagian tepat di bawah dari post title (setelah kita mengisi title dan klik tombol Publish atau Save Draft, maka akan muncul url postingan), kita bisa mengedit url dari artikel yang kita posting. Secara default url ini akan mengambil dari judul artikel yang kita tuliskan (jika setting dari permalink adalah post name). Maka penting untuk menuliskan artikel ini yang SEO friendly. Kita bisa mengedit url dengan mengklik tombol edit, setelah sesuai dengan keinginan kita klik tombol ok.

2.  Add Media
Tombol Add Media, setelah kita klik tombol add media ini maka akan keluar pop-up windows dimana kita bisa memilih gambar atau video yang yang ingin kita sisipkan ke dalam artikel. Jika gambar atau file yang ingin kita sisipkan sudah pernah kita upload, maka kita tinggal memilih di tab Media Library, sebaliknya jika belum ada, maka kita tinggal pilih tab Upload Files lalu upload gambar/file yang kita inginkan.

Kemudian pada bagian kiri dari pop up ini, terdapat menu create gallery, ini adalah menu di mana kita ingin menampilkan banyak gambar dalam sebuah satu rangkaian. Atau kita bisa sisipkan rangkaian Audio atau rangkaian video yangkKemudian galeri ini kita sisipkan di dalam artikel.

Lalu menu Insert from URL, kita bisa menambahkan gambar ke dalam artikel tanpa harus kita memiliki gambar itu sendiri dengan cara mengambil link dari gambar yang ada di sebuah website lalu kita paste link tersebut di menu ini.

 

3. Toolbar Editor
Dilanjutkan dengan bagian Toolbar Editor, pada bagian inilah kita bisa melakukan banyak desain pada artikel yang kita tulis. Kita bisa melakukan formatting penulisan, apakah rata kanan atau rata kiri. Kemudian kita bisa menambahkan dalam bentuk list bernomor. Disini kita juga bisa mengedit tulisan apakah dalam bentuk Bold atau Italic.

4. Visual dan Text
Selanjutnya ke bagian Visual dan Text, ini adalah pilihan dalam 2 area editor dalam bentuk visual maupun teks. Untuk pemula disarankan kita memilih di menu visual saja, karena lebih mudah bagi pemula. Sedangkan pada bagian teks hanya menampilkan berupa teks saja dengan format HTML, tentu saja ini akan membingungkan bagi kita yang tidak memahami bahasa pemrograman HTML.

 5. Content editor
Ini adalah bagian yang paling besar, di halaman Inilah kita kan mengetikkan atau menuliskan konten artikel kita. Kita bisa sisipkan gambar, video atau file lain. Dan pada bagian paling bawah, terdapat Menu yang memberikan informasi jumlah kata yang telah kita buat di dalam artikel.

 6. Excerpt
Pada menu ini jika diaktifkan, maka kita bisa menampilkan ringkasan dari artikel yang kita posting.

 7. Send Trackback
Opsi ini memungkinkan untuk kita memberitahu pemilik dari blog lain ketika kita telah di ditautkan ke konten mereka.

8. Custom Field
Menu ini berguna bagi kita jika ingin menambahkan informasi tambahan di bawah artikel yang kita posting. Kita bisa memanfaatkan menu ini untuk memasukkan informasi-informasi lain di bawah artikel.

9. Discussion
Feature discussion ini berguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan komentar oleh visitor dalam sebuah artikel yang kita posting.

 10. Slug
Secara otomatis WordPress akan memberikan blog atau URL postingan kita yang tertera persis di bawah judul artikel. Kita bisa mengedit Vlog url tersebut dengan mengklik edit di bawah judul postingan.

 11. Author
WordPress secara otomatis akan menampilkan anda (nama user saat login) sebagai penulis saat melakukan posting artikel. Untuk beberapa tema WordPress kita bisa menyetingnya apakah akan disembunyikan atau ditampilkan.

12. Publish Option
Di bagian layar content editor sebelah kanan terdapat area menu yang berbeda untuk mengatur postingan kita.

Save draft
Saat kita membuat artikel dan belum selesai oleh karena suatu hal kita harus meninggalkannya kita bisa menyimpannya sebagai draft.

Preview
Berguna bagi kita untuk melihat pratinjau dari sebuah postingan, setelah kita yakin tampilan dari postingan tersebut maka kita bisa langsung publish.

Status
Setiap saat kita bisa merubah sebuah postingan apakah mau dirubah menjadi draft atau publish.

Visibility
Kita bisa mengatur sebuah postingan terlihat untuk kondisi persyaratan tertentu. Bisa kita atur dengan password, artinya mereka yang akan melihat postingan harus memasukan password terlebih dahulu. Jika statusnya Private, maka hanya dapat dibaca oleh mereka yang memiliki role tertentu (status member). Lalu opsi Sticky, sebuah postingan akan selalu berada pada posisi paling atas dari sebuah blog.

Publish
Opsi ini memungkinkan untuk melakukan publish sebuah website postingan dengan pilihan waktu dan tanggalnya Jika kita ingin menggunakan postingan terjadwal.

Move to trash
Opsi Jika kita ingin menghapus sebuah postingan. Postingan yang dihapus akan dipindahkan ke Trash, tidak dihapus secara permanen.

13. Format
Ini adalah opsi tampilan/format dari artikel yang akan kita publish. Umumnya format yang kita gunakan adalah tampilan Standard.

Lalu menu selanjutnya adalah set featured image,  ini adalah fitur di mana kita ingin menempatkan sebuah gambar utama dari sebuah artikel.

 14. 15. Category dan Tag
Melalui menu ini kita bisa mengelompokkan sebuah artikel atau postingan ke dalam kategori atau tag tertentu. Menu ini biasanya muncul di sebelah kanan, di bawah kotak meta publish. Kategori lebih kepada pengelompokan secara umum, misal artikel tentang makanan sehat kita masukkan kedalam kategori makanan sehat. Lalu disalah satu artikel makanan sehat tersebut menyinggung tentang “sereal”, maka kita bisa beri tag “sereal”. Lalu ada artikel lain dan kategori berbeda, juga singgung “sereal”, maka kita bisa sisipkan tag “sereal” juga meski dikategori berbeda dengan kategori “Makanan sehat”. Jadi kita bisa berikan tag untuk “identitas” artikel yang lebih spesifik.

16. Post Attributes
Sebuah template/format dari sebuah postingan tergantung dari theme wordpress yang kita gunakan. Fungsi ini bermanfaat untuk mempersingkat pekerjaan kita dalam tampilan postingan, atau memudahkan kita memilih tampilan postingan kita ingin seperti apa sesuai dengan template yang disediakan theme.

 17. Featured image
Kebanyakan sebuah WordPress mendukung fitur ini, dimana setiap artikel akan menampilkan sebuah thumbnail dari gambar yang bisa menjadi identitas artikel itu. Caranya cukup mudah tinggal kita klik link pada set featured image, maka akan muncul jendela pop-up untuk kita memilih gambar atau menguploadnya.

18. Screen option

Posisi menu ini berada disisi atas sebelah kanan. Ini adalah menu untuk kita mengatur tampilan layar dari editor posting WordPress. Secara default ada beberapa menu yang masih disembunyikan. Dari menu ini kita bisa mengatur apa yang ingin kita tampilkan dan apa yang ingin kita sembunyikan.

Itulah beberapa fitur standar dari bawaan road race di halaman content editor semoga artikel ini bermanfaat.

 Penjelasan versi Video :

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

BINGUNG MAU MULAI DARI MANA ?

Segera bergabung di grup Facebook, belajar bisnis online untuk pemula, dari tingkat Basic hingga Advance. Sekarang atau tidak sama sekali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text
mastering bisnis online
mastering super affiliate
GRATIS!!Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

GRATIS!!
Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

Bongkar Tuntas Bagaimana Para Mastah Jalankan Bisnis Affiliasi Lokal


Powered by Kirim.Email

You have Successfully Subscribed!