img
Home / General / Mengenal Plugin WordPress

Mengenal Plugin WordPress

/
/
102 Views

Artikel kali ini kita akan membahas tentang plugin. Buat pengguna WordPress yang masih baru mungkin masih kebingungan apa itu plugin dan manfaatnya bagi WordPress.

Plugin WordPress hanya bisa digunakan pada sebuah website WordPress yang di hosting sendiri atau istilahnya self hosting. Bagi mereka pengguna WordPress gratisan yang didaftarkan di wordpress.com tidak bisa menggunakan plugin karena untuk yang versi gratisan tidak ada menu menambahkan plugin.

Apa itu Plugin

Plugin adalah sebuah perangkat lunak yang berisi berbagai macam perintah atau fungsi yang bisa ditambahkan ke dalam sebuah website berbasis WordPress. Mungkin ini nantinya akan menambahkan fitur atau fungsi lain sesuai dari tujuan plugin itu sendiri dibuat. Plugin dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Mungkin plugin yang tersedia di luar sana sangat banyak dari yang versi gratis sampai yang versi berbayar, dari versi yang sangat sederhana sampai dengan versi yang sangat komplek. Semuanya ada tergantung tujuan kita dalam membangun website. Contoh sederhananya adalah seperti jika kita akan membangun sebuah toko online maka kita tinggal menambahkan plugin WooCommerce yang memang memiliki fungsi dan fitur sebagaimana layaknya sebuah website toko online.

Proses plugin bekerja di WordPress

WordPress dibuat sedemikian rupa sehingga para kontributor atau programmer lepas dapat menambahkan kode-kode mereka ke dalam wordpress. API plugin dari WordPress menyediakan hook dan juga filter yang sekiranya dapat dimanfaatkan oleh programmer lepas untuk menambahkan fungsi-fungsi mereka inginkan.

WordPress memberikan kemampuan untuk seorang programmer menyimpan data di database WordPress. Dengan kemampuan ini plugin yang ditanamkan bisa menggunakan data yang ada di dalam database tersebut baik itu jenis konten WordPress taksonomi atau bidang khusus lainnya.

Setiap ada visitor yang mengunjungi website anda, wordPress yang terhubung dengan database men-trigger software inti dari plugin menjadi aktif. Seluruh kode pemrograman diproses di server lalu dikirim ke browser pengguna.

Setiap plugin yang terinstal di WordPress bisa sewaktu-waktu kita aktifkan atau non aktifkan.

Cara mendapatkan plugin WordPress

Ada dua pilihan bagaimana kita mendapatkan plugin WordPress untuk kita install. Yang pertama kita bisa mendapatkannya melalui website wordpress.org. Dan cara yang kedua yaitu di luar dari wordpress.org itu sendiri.

Silakan Anda masuk ke admin area dari WordPress, lalu pilih menu plugins lanjutkan menu add new. Di halaman ini lah kita bisa mencari plugin yang kita inginkan. Sebenarnya alamat ini mengakses kepada website dari wordpress.org.

Cara lain mendapatkan plugin WordPress bisa melalui situs ini code canyon. Di sana kita akan mendapatkan banyak sekali plugins plugins yang kita butuhkan. Tapi tentu saja plugins dari situs ini berbayar dan tentu saja fitur-fitur yang dimilikinya jauh lebih banyak dan selain itu juga mendapatkan dukungan support yang diberikan dari vendor.

 

Lalu akan muncul pertanyaan mengapa Ada plugins yang berbayar dan ada yang gratis?

Plugin gratis biasanya memiliki fitur yang terbatas, jika kita puas dengan performanya dan kita ingin menambah fitur-fitur lainnya maka kita diminta untuk membayar sejumlah uang untuk mendapatkan full feature. Meskipun plugin gratis sangat banyak jumlahnya tetapi terkadang kita kerepotan dalam hal support jika kita mengalami kendala terkait dari keamanan dan kompatibilitas plugin dengan versi WordPress yang terus update.

Jika kita memiliki plugin yang premium maka tentu saja kita akan mendapatkan support dari vendor jika kita mengalami kendala ataupun masalah mengenai kompatibilitas dan keamanan. Dan bahkan untuk kasus tertentu kita bisa request fitur dari sebuah plugin yang kita bayar.

Manfaat kita menambahkan plugin

Manfaat kita menambahkan plugin ke dalam WordPress sangat banyak sekali. Dan itu sangat bergantung kepada kebutuhan atau tujuan dari kita membangun sebuah website. Misalnya kita ingin membangun website toko online maka yang kita lakukan cukup mencari tema atau template WordPress untuk toko online lalu ditambahkan dengan plugin wooCommerce.

Contoh kasus Jika kita ingin menambahkan performa seo friendly dari sebuah WordPress, maka kita bisa menambahkan plugin Seo Ultimate atau plugin All in one SEO.

Semisal juga Anda ingin membuat tombol-tombol yang cantik atau ornamen lainnya dalam sebuah postingan di website kita bisa menambahkan plugin shortcode ultimate. Dan masih banyak contoh lain lainnya yang bisa anda cari.

Bagaimana cara kita menggunakan plugin WordPress?

Setelah kita install plugin WordPress, plugin ini dapat sewaktu-waktu aktifkan atau kita nonaktifkan. Untuk beberapa plugin setelah kita aktifkan tanpa konfigurasi khusus, plugin tersebut sudah langsung bekerja, namun ada juga beberapa mungkinĀ  plugin setelah kita aktifkan mesti kita setting setting terlebih dahulu sesuai kebutuhan.

Bagaimana cara kita memilih plugin WordPress yang baik?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam kita memilih sebuah plugins wordPress yang kita inginkan.

  1. Apakah sebuah plugin secara kontinyu di-update oleh vendor
  2. Apakah plugin yang akan kita install kompatibel dengan WordPress yang sedang kita gunakan saat ini
  3. Bagaimana rating dari para pengguna untuk login yang kita inginkan?
  4. Dan hal-hal lainnya

itulah beberapa hal yang menjadi pertimbangan sebelum anda memutuskan untuk memilih sebuah plugin tertentu.

Beberapa hal yang sebaiknya anda tahu telah kami bahas yang sekiranya bisa menambah pengetahuan anda tentang plugin WordPress. Semoga bisnis internet marketing anda semakin menjadi lebih baik.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

BINGUNG MAU MULAI DARI MANA ?

Segera bergabung di grup Facebook, belajar bisnis online untuk pemula, dari tingkat Basic hingga Advance. Sekarang atau tidak sama sekali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text
mastering bisnis online
mastering super affiliate
GRATIS!!Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

GRATIS!!
Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

Bongkar Tuntas Bagaimana Para Mastah Jalankan Bisnis Affiliasi Lokal


Powered by Kirim.Email

You have Successfully Subscribed!