img
Home / Tips Bisnis / Membangun Personal Branding dan Cara Tingkatkan Authority

Membangun Personal Branding dan Cara Tingkatkan Authority

/
/
444 Views

Di dunia online sangat penting untuk memiliki personal branding. Semua orang tanpa sadar selalu bersinggungan dengan personal branding. Sebagian dari mereka mengerti apa itu personal branding namun ada sebagian pula yang tidak mengerti.

Sederhananya personal branding adalah bagaimana kita memasarkan diri, bagaimana kita ingin dikenal orang. Sampai saat ini jika kita menyebut Dewa selling, maka orang-orang akan paham bahwa yang dimaksud Dewa selling adalah mas Dewa Eka Prayoga, yang kebetulan namanya adalah memang Dewa. Brand yang Mas Dewa punya sangat kuat, ia identik dengan kepandaiannya dalam menjual.

Contoh lainnya ialah jika ada teman yang menyebut ” saya ke Surabaya naik Garuda” atau “saya kemari naik Kijang”. Walaupun tidak disebutkan pesawat Garuda (hanya disebut Garuda tanpa kata pesawat) lawan bicaranya akan mengerti bahwa yang dimaksud adalah maskapai penerbangan Garuda. Begitu pula dengan Kijang lawan bicara kita akan otomatis mengerti yang dimaksud adalah mobil Toyota Kijang.

Brand Garuda dan Kijang sudah begitu melekat dengan luar biasa, hingga seoalah-olah memiliki kata tunggalnya sendiri.

Lalu Mengapa kita tidak membentuk brand kita sendiri? Ingin dikenal sebagai siapa setahun dua tahun kedepan? Apakah seorang affiliate kawakan? Atau seorang publisher Adsense dengan income ratusan juta perbulan nya? Ataukah seorang motivator? Dan banyak sekali branding yang bisa kita buat sesuai dengan keberadaan kita apa adanya. Lebih cepat kita menentukan branding kita itu jauh lebih baik artinya semakin cepat juga kita akan menikmati hasilnya.

Personal branding adalah pembeda kita dengan orang lain

Memiliki Personal Branding Sendiri

Perlukah memiliki brand sendiri? Ya sangat perlu karena akan memberikan dampak sangat posifit bagi Anda dan sifatnya memberikan efek untuk jangka panjang.

Seperti contoh diatas sebelumnya. Siapa yang tidak mengetahui jika orang menyebut naik Garuda atau naik Kijang.

Itu adalah strong brand yang sangat kuat dan memiliki basis penggemar tersendiri dan ekslusif. Kedua brand tersebut menawarkan kualitas dan kenyamanan, meski harga lebih mahal dibanding produk lain.

Meski memiliki harga lebih mahal baik itu produk fisik atau produk jasa, apa mereka kehilangan pasar? Apakah pelanggan lamanya meninggalkan mereka? Saya pikir tidak, kalaupun ada jumlahnya tidak signifikan.

Nah apa yang bisa disimpulkan disini?… Dengan memiliki brand sendiri, tentu saja kita berarti memiliki basis fans sendiri yang loyal sama kita, memiliki target pasar sendiri. Jika kita merilis suatu produk ada pasar yang sudah siap menyerap produk kita J

Lalu ada suatu kondisi juga, bisa saja kita menawarkan produk affiliasi lain ke market pasar kita. Tentu saja ini menarik bukan? Bisa menjual produk sendiri dan bahkan bisa menjual produk affiliasi orang lain. Dan hebatnya, kita menjual berkali-kali ke basis market kita (tentu harus sesuai dengan kode etis ya)

Ah seandainya bisa semudah itu, nampaknya nikmat sekali yah.

Ada banyak proses yang harus dilalui, dan terkadang bingung apa yang mesti dilakukan pertama kali.

Ntar dulu deh pusingnya. Kita bahas lebih lanjut yuk?

Keuntungan Memiliki Personal Branding

 Ada banyak keuntungan bila kita memiliki personal branding.

  1. Meningkatkan authority kita

Kita dianggap ahli dalam suatu bidang, sehingga apa yang kita katakan orang di sekitar kita cenderung percaya.

  1. Dikenal banyak orang

Semakin banyak orang mengenal kita berarti semakin luas silaturahmi kita yang pada akhirnya akan meningkatkan banyak peluang berbisnis.

  1. Penjualan Laku keras

Dengan banyak orang yang mengenal kita oleh karena mereka percaya sehingga apapun yang kita jual bisa menghasilkan pendapatan yang memuaskan.

  1. Tawaran kerjasama berdatangan

Jika personal brand Kita kuat maka orang-orang akan rela antri mengajak kerjasama bisnis kepada kita. Selama profil kita sesuai dengan konsep bisnis, tentu saja itu bisa menjadi peluang buat kita.

Langkah Awal Membangun Personal Branding

3 Langkah awal membangun personal branding

  1. Eksplorasi

Mengenali dan mengetahui dibidang apa kita paling berhasrat akan suatu bidang atau keahlian.

Pada titik ini kita bisa membentuk ide ingin jadi siapa meski kita tidak expert disana, tetapi kita berminat di bidang itu.

Contoh kita ingin bangun basis fans tentang Facebook ads, maka kita bisa terus mencari artikel-artikel tentang Facebook ads dan kita posting di blog atau grup Facebook yang kita buat sendiri khusus. Setiap orang yang berkunjung ke blog atau grup Facebook memiliki image bahwa kita menguasai Facebook ads.

  1. Kembangkan passion yang terpilih

Setelah tentukan passion kita, selanjutnya adalah mengembangkannya. Berinvestasilah di bidang tersebut. Banyak membaca buku menambah wawasan sesuai dengan passion. Belajarlah langsung kepada ahlinya.

  1. Fokus

Fokuslah pada passion yang ingin dikembangkan. Jangan berubah arah ditengah jalan. Semakin kita fokus, tidak mudah berpindah arah, semakin cepat kita membangun branding diri kita.

Pada tahapan kedua dan ketiga, hal ini terus di latih dan dikembangkan terus menerus secara kontinyu dan berkesinambungan. Selalu lakukan hal hal yang menjadi passion anda. Melatih dan mengembangkan guna memperkuat brand kita.

Hal sederhana yang bisa membantu kita guna mempertajam dan mempertegas brand kita seperti dilansir dari Arryrahmawan.net :

  1. Membaca buku yang terkait setidaknya setiap bulan habiskan lebih dari 1 buku
  2. Bersosialisasi dengan komunitas yang menunjang dan berkaitan dengan brand yang ingin kita bentuk
  3. Menulis sesuatu yang berkaitan dengan brand yang ingin kita bentuk
  4. Bergaul dengan mereka yang memiliki kemiripan dan kesamaan dengan brand kita

Selama prosesnya kita bisa memiliki materi personal branding kita seperti :

  1. Memiliki tagline-slogan yang menjadikan kita memiliki nilai value
  2. Memiiki akun sosmed dan berinteraksi dengan follower atau teman
  3. Memiliki website pribadi
  4. Memiliki video
  5. Logo

Setelah kita lewati seluruh poin tersebut maka akan terbentuk siapa kita beberapa bulan atau tahun kedepan. Terus tingkatkan authority kita maka rejeki akan mengikuti sebagai akibat dari bentukan positif personal branding kita.

Semoga Bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

BINGUNG MAU MULAI DARI MANA ?

Segera bergabung di grup Facebook, belajar bisnis online untuk pemula, dari tingkat Basic hingga Advance. Sekarang atau tidak sama sekali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text
mastering bisnis online
mastering super affiliate
GRATIS!!Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

GRATIS!!
Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

Bongkar Tuntas Bagaimana Para Mastah Jalankan Bisnis Affiliasi Lokal


Powered by Kirim.Email

You have Successfully Subscribed!