img
Home / General / Cara Install Web Server Xampp dan WordPress di Komputer Lokal

Cara Install Web Server Xampp dan WordPress di Komputer Lokal

/
/
153 Views

Di dunia internet marketing platform blogging yang paling terkenal dan banyak dipakai oleh internet marketer adalah WordPress. Selain gratis juga sangat mudah digunakan dalam melakukan instalasinya. Hampir semua perusahaan hosting yang ada di dunia selalu menyediakan sarana untuk menginstal WordPress hanya dengan sekali klik. Jika tidak ada kejadian khusus sebenarnya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 atau 6 menit untuk menyelesaikan instalasi WordPress. Artikel kali ini akan membahas Bagaimana cara menginstall wordpress dengan berbagai macam cara. Diantaranya dengan menggunakan Simplescripts, Softaculous. Tidak lupa juga menggunakan FTP khusus untuk pemula.

Hal yang perlu anda perhatikan sebelum  instal WordPress

Sebelum kita menginstal WordPress tentu saja kita memerlukan domain dan juga hosting. Berhati-hatilah memilih hosting karena akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dari website anda. Kami menyarankan untuk Anda membeli disini Hawkhost dan Namecheap untuk beli domain. di dalam hawkhost Anda bisa menginstal banyak domain untuk berbagai macam keperluan anda sesuai dengan paket yang anda pilih.

BEST
DEAL
Deal
Pastikan pilihan hosting yang tepat dan handal, jika serius dibisnis Anda. More Less

BEST
DEAL
Deal
Pilihan tepat membeli domain untuk keperluan keseriusan Anda dalam berbisnis. More Less

BEST
DEAL
Deal
Pilihan tepat dengan layanan prima, jika Anda tidak memiliki Kartu Kredit atau Akun Paypal. Pastikan pilihan hosting yang tepat dan handal, jika serius dibisnis Anda. More Less

Berikut beberapa cara menginstal WordPress:

  1. Install WordPress secara offline dengan menggunakan localhost FTP.
  2. Install WordPress dengan menggunakan simple scripts.
  3. Menginstall WordPress dengan menggunakan softaculous.

-> cara install WordPress lokal di komputer secara offline.

Ada dua software yang anda perlukan untuk menginstal WordPress di komputer atau offline. Yang pertama ialah xampp yang berperan sebagai server lokal Anda bisa mendownloadnya Disini. Dan software yang kedua tentu saja situs sendiri silakan download Disini.

  1. Instalasi Xampp.

Karena WordPress dijalankan dengan menggunakan PHP dan MySQL maka kita memerlukan web server lokal yang menggunakan kode PHP dan MySQL yaitu xampp.

Jika anda mengunjungi situs resmi dari jam maka di sana akan terlihat bahwasannya yang bisa digunakan pada sistem operasi yang berbasis Max os atau Linux dan Windows. Dan tutorial kali ini kami akan menggunakan Windows karena operasi sistem inilah yang paling banyak digunakan di Indonesia.

 

Setelah selesai Anda download silakan melakukan instalasi seperti biasa kita melakukan instalasi software tinggal kita ikuti perintah-perintahnya saja.

Setelah sampai pada tahap pemilihan komponen pastikan untuk Anda centang MySQL phpmyadmin Apache dan PHP.

Silakan pilih lokasi instalasi folder yang umumnya ada di drive C.

Pada langkah selanjutnya kita akan diberi pilihan untuk mencentang “learn more about bitnami for xampp untuk bagian ini kita abaikan saja.

Selanjutnya kita ikuti saja perintah yang ada di Wizard setelah selesai anda akan mendapatkan atau menemukan icon Xampp di desktop atau di menu start. Untuk memastikan Apakah web server Xampp berjalan atau tidak, silakan jalankankan aplikasi Xamp dengan cara double klik. Lalu aktifkan dengan cara klik tombol Start untuk Apache dan MySQL.

 

Setelah Anda aktifkan seperti gambar diatas, lalu ketikkan di url browser http://localhost/xampp/  jika berhasil seharusnya akan tampil gambar seperti dibawah ini.

Jika ingin melihat tutorial versi video silahkan play video dibawah ini :

Membuat Database

 Setelah Xampp kita aktifkan, sekarang kita akan membuat database yang nanti kita perlukan saat menginstall wordpress. Caranya cukup mudah, cukup ketikan di url browser seperti ini http://localhost/phpmyadmin

Silakan klik menu New  yang ada pada bagian panel kiri atas lalu buat nama database yang anda inginkan pada kolom yang tersedia dan dilanjutkan dengan klik tombol Create.

Install WordPress

Setelah anda berhasil mendownload software WordPress berupa file zip. Silakan Anda copy atau pindahkan file wordpress tadi ke folder htdocs yang berada di sini C: xampp/htdocs, setelah itu ektrak file itu. Setelah berhasil Anda ekstrak, seharusnya terbentuk satu folder baru yaitu folder bernama WordPress.

Setelah itu buka browser anda lalu ketikkan url di address bar seperti ini http://localhost/wordpress. Kata WordPress itu merujuk kepada folder yang telah kita buat/terbentuk di dalam folder htdocs tadi. Jika berhasil seharusnya di browser anda akan muncul tampilan seperti ini.

Setelah itu silakan memilih bahasa untuk instalasi, saya sarankan memilih bahasa Inggris dan lanjutkan dengan klik continue. Jendela berikutnya akan tampil seperti ini , lanjutkan saja dengan klik let’s go.

Berikutnya akan tampil seperti gambar di bawah ini dan inilah yang harus anda isikan.

* database name diisi dengan WordPress kecuali jika anda telah memberikan folder dan nama database yang berbeda pada langkah di atas tadi.

* username silakan diisi dengan root. Itu adalah isi username secara default kecuali jika anda telah merubahnya.

* password silahkan kosongkan.

* database host silakan diisi dengan localhost.

* tabel prefix silakan diisi dengan WP_

Setelah selesai silahkan klik submit.

Setelah itu seharusnya akan muncul gambar seperti dibawah ini langsung saja klik Run Install.

Setelah proses berhasil instalasi WordPress maka anda akan diminta untuk memasukkan beberapa data seperti Judul situs, username password dan email. Jangan sampai Anda kelupaan untuk username dan password karena ini akan dibutuhkan untuk masuk ke bagian admin dari WordPress yang anda install.

Setelah selesai dan akan muncul pesan sukses, silakan login ke WordPress admin dengan memasukkan username dan password anda. Anda akan dibawa ke halaman dasbor dari WordPress.

Jika berhasil tampilan akan seperti dibawah ini untuk anda mengelola wordpress halaman ini biasa disebut sebagai area admin dari WordPress.

Berarti sekarang anda telah berhasil menginstall wordpress di komputer lokal anda, alias offline.

Panduan versi video :

Itulah tutorial bagaimana kita menginstal secara offline dengan menggunakan xampp web server dan WordPress itu sendiri Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat belajar.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

BINGUNG MAU MULAI DARI MANA ?

Segera bergabung di grup Facebook, belajar bisnis online untuk pemula, dari tingkat Basic hingga Advance. Sekarang atau tidak sama sekali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text
mastering bisnis online
mastering super affiliate
GRATIS!!Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

GRATIS!!
Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

Bongkar Tuntas Bagaimana Para Mastah Jalankan Bisnis Affiliasi Lokal


Powered by Kirim.Email

You have Successfully Subscribed!