img
Home / General / 3 Cara Install Theme Baru Pada WordPress

3 Cara Install Theme Baru Pada WordPress

/
/
155 Views

Theme WordPress ada banyak sekali persebaran di internet baik yang  gratis maupun yang berbayar. Untuk yang gratis saja sudah tersedia puluhan ribu jumlah theme WordPress yang terdapat di library WordPress, itupun belum termasuk Developer yang mengembangkannya namun tidak mengupload ke library WordPress.

Anda menggunakan platform WordPress tentu saja Anda tidak akan kebingungan dalam menentukan theme yang ingin dipakai karena WordPress sangat banyak sekali menyediakan theme theme yang menarik dan banyak fitur.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara kita menginstal WordPress dengan berbagai macam metode. Yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan menggunakan suatu theme WordPress, bahwa theme WordPress akan merubah struktur dari konten website itu sendiri artinya jika kita sudah memiliki banyak sekali konten lalu kita mengganti theme sekonyong-konyong maka tampilan struktur wordpress akan berubah atau bahkan tidak semenarik saat sebelum theme dirubah. Jadi pastikan pilihan anda satu kali tentukan satu theme dan kedepannya tidak perlu dirubah-rubah lagi.

  1. Install theme WordPress melalui fitur pencarian

Cara yang pertama ini cukup mudah dan relatif cepat dikerjakan. Silahkan anda login ke admin area lalu pilihlah ke menu Appearance > Themes > Add new. Setelah itu akan muncul sangat banyak sekali theme wordPress yang tersedia gratis dari library WordPress. Pada bagian atas terdapat menu yang membantu anda untuk memfilter atau menyaring theme wordPress yang seperti apa yang anda inginkan, filter berdasarkan “Featured“,”Populer“, “Latest“, ataupun “Favorites“.

 

Atau anda pun juga bisa menggunakan fitur filter berdasarkan kriteria yang anda inginkan seperti tampilan Layout nya, Subjectnya, maupun features. Dengan menu ini kita bisa lebih spesifik lagi memfilter tampilan theme WordPress apa yang kita inginkan.

Atau jika kita tahu pasti nama theme WordPress yang kita inginkan Mungkin setelah kita mendapatkan referensi dari teman atau dari website lain, kita tinggal mengetikkan nama theme nya di menu kolom pencarian. Setelah kita pilih, lalu kita tinggal klik tombol aktifkan.

  1. Instal theme WordPress dengan menggunakan metode upload

Untuk metode upload ini hanya berlaku bagi WordPress yang di hosting sendiri atau self hosted.

Cara ini biasanya dilakukan jika kita memiliki theme WordPress sendiri yang tidak terdapat di library WordPress, tapi kita mendapatkannya dengan membeli theme wordpress premium marketplace digital seperti di themeforest. Saat kita membeli sebuah theme WordPress biasanya kita akan mendapatkan sebuah file dengan ekstensi Zip. Dan file inilah yang kita upload ke wordPress kita melalui admin area.

Caranya cukup mudah kita tinggal pilih menu Appearance > Themes > Add new > Upload theme. Pada saat tampil jendela upload seperti ini kita bisa melakukan Drag and drop file zip theme ke halaman ini atau dengan cara memilih file secara manual. Setelah itu Klik tombol install now dan kita tunggu sampai selesai, lalu Klik tombol Active untuk mengaktifkan theme.

  1. Cara install theme WordPress dengan menggunakan FTP

Cara ini cukup relatif rumit namun tidak salah jika anda ingin mempelajarinya untuk menambah pengetahuan dalam mengelola website, dan software FTP ini juga bisa bermanfaat untuk hal-hal lain tidak hanya untuk urusan install theme.

Silakan download software ini terlebih dahulu gratis, kami biasa pakai Filezilla. Setelah anda install silahkan masuk ke akun Ftp anda yang sudah didapatkan dari layanan hosting di mana WordPress anda berada.

Setelah berhasil terhubung silahkan upload file theme WordPress anda ke folder themes, yang berada di posisi /wp-content/themes/ . Tetapi sebelum anda upload file theme WordPress pastikan file zip theme tersebut sudah di ekstrak ke dalam sebuah folder, jadi folder inilah yang anda upload ke folder themes di hosting atau server anda.

Setelah berhasil Anda upload seluruhnya, silakan login ke admin area dari WordPress anda dan masuk ke menu Appearance  > Theme dan di sana anda akan menemukan themes yang barusan Anda instal atau upload dan anda tinggal mengaktifkannya.

Itulah tiga cara kita menginstal WordPress, semoga panduan ini membantu kegiatan teman-teman dan berbisnis internet marketing. Atau jika anda ingin melihat tutorial versi video silahkan play video dibawah ini. Semoga bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

BINGUNG MAU MULAI DARI MANA ?

Segera bergabung di grup Facebook, belajar bisnis online untuk pemula, dari tingkat Basic hingga Advance. Sekarang atau tidak sama sekali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text
mastering bisnis online
mastering super affiliate
GRATIS!!Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

GRATIS!!
Panduan Lengkap Menjadi Super Affiliate

Bongkar Tuntas Bagaimana Para Mastah Jalankan Bisnis Affiliasi Lokal


Powered by Kirim.Email

You have Successfully Subscribed!